Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA PULAU PESUMPAHAN




Oleh : Sintia Hermayulita
Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas


Di Indonesia terdapat berbagai objek-objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Wisata sendiri adalah suatu kegiatan perjalanan atau aktifitas yang dapat menenagkan hati dan pikiran serta berekreasi. Rekreasi merupakan salah satu bentuk   aktivitas   manusia   untuk mengisi     waktu     luangnya.     Manusia     melakukan     rekreasi     untuk menghilangkan beban pikiran akibat tekanan dan rutinitas pekerjaannya. Rekreasi dapat memulihkan kondisi mental dan fisik yang lelah, serta memberikan kepuasan dan rasa senang bagi manusia (Brockman, 1979; Soekotjo, 1980; Soemarwoto, 1991).
Adanya pariwisata maka suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata itu berada, akan mendapat pemasukan dari pendapatan setiap objek wisata. Pariwisata juga merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh setiap individu. Alasannya, karena aktivitas berwisata bagi seorang individu dapat meningkatkan daya kreatif, menghilangkan kejenuhan kerja, relaksasi, berbelanja, bisnis, mengetahui peninggalan sejarah dan budaya suatu etnik tertentu, kesehatan dan pariwisata spiritualisme. Dengan meningkatnya waktu luang sebagai akibat lebih singkatnya hari kerja dan didukung oleh meningkatnya penghasilan maka aktivitas kepariwisataan akan semakin meningkat.
Di Indonesia sendiri memiliki potensi wisata yang beragam dan setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing, salah satu destinasi yang memiliki potensi wisata yang cukup menarik adalah pulau pesumpahan, keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan local dan internasional. Pulau Pasumpahan merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi kecamatan bungus teluk kabung, dengan koordinat terletak pada 01˚07’04” LS dan 100˚ 22’03” BT. Secara geografis pulau pesumpahan berada di wilayah administrasi Kelurahan Teluk Kabung Selatan/ Sungai Pisang. kondisi umum pulau pesumpahan merupakan pulau datar dan sebagian berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan tingkat tinggi seperti kelapa, semak dan rumput. Di lokasi ini juga terdapat rumah peristirahatan yang dapat digunakan sebagi tempat wisata (Olvianita, 2017: 3). 
Pulau pesumpahan awalnya dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni, namun karena lama-kelamaan dikenal memiliki potensi wisata yang memikat, pulau satu ini pun mulai dikelola oleh masyarakat setempat. Dan sampailah pada saat ini sudah terdapat berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan.
Pulau pesumpahan luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki hamparan pasir putih dengan air lautnya yang bening. Menariknya yaitu permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna paling bening di pinggir, hijau didepannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman peraiaran laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut. Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat kota padang ini berupa kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir disetiap pulau. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias sangat menarik untuk dinikmati wisatawan. Di pulau pesumpahan ini wisatawan dapat melakukan bebagai kegiatan seperti snorkeling, berenang,menyelam, dan juga berkeliling pulau pesumpahan. Dengan berjalan kaki wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu mamanjakan mata (yahya, 2018: 2).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS