Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMERIKSAAN KESEHATAN HEWAN DALAM RANGKA PEMOTONGAN ADAT DIBALAI GADANG KEC. KOTO TANGAH

   


           

Kelurahan Balai gadang Kecamatan Koto tangah Kota Padang sebagai tradisi tiap tahun menggelar pemotongan adat atau kebiasaan turun temurun menjelang bulan Ramadhan( puasa)1443.H.Warga memotong hewan 11 ekor sapi dan kerbau, yang melibatkan bidang kesehatan dari Dinas Pertanian Kota Padang, kegiatannya dilaksanakan kamis (31/3/2022). Sebelum disembelih terlebih dahulu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat melakukan pemeriksaan,"Jelas Deskurnia. 


Dua orang staf bidang kesehatan Dinas Pertanian Kota Padang yang diterjunkan untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih.Ada 11 hewan yang akan disembelih yang terdiri dari 2 ekor sapi dan 9 ekor kerbau,satu yang tidak layak disembelih karena kesehatan nya tidak meizinkan yang diperiksa oleh,Drh. Deskurnia dan Keswan Drh. Mimi. 


Setelah kita melakukan pemeriksaan kepada seluruh hewan semuanya sehat dan ada10 sapi dan kerbau yang diperbolehkan untuk disembelih dan bisa dikonsumsi warga.Menurut Drh. Deskurnia ada Empat diantaranya sapi betina yang merupakan sapi yang tidak lagi produktif. Ke empat sapi betina tersebut sudah ada surat keterangan tidak produktif lagi karena itu diperbolehkan disembelih,"Ucap Deskurnia saat ditemui Insan Pers.


Sapi dan kerbau yang layak akan disembelih dan sesuai dengan aturan yang ada dan sesuai dengan surat yang telah diberikan,setelah itu dilakukan persembelihan,dagingnya dijual kemasyarakat sekitarnya jika kondisi sapi dan kerbau dalam kondisi yang sehat.Pemotongan tersebut disaksikan oleh warga,termasuk unsur adat diBalai Gadang kecamatan koto tangah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan (Puasa)1443 H,kali ini cukup ramai dibandingkan dengan tahun sebelumnya,"Ungkap "Deskurnia.

Kitti.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS