Ticker

6/recent/ticker-posts

Melestarikan Budaya Di Minangkabau



Muhammad Fauzan


Salah satu cara melestarikan budaya di Minangkabau kita ambil saja contohnya di Solok Selatan yaitu dengan mengadakan festival. 


festival ini bertujuan untuk menciptakan karakter Kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai salah satu daerah tujuan wisata berbasis seni budaya di Kabupaten Solok Selatan.


Selain itu, menggali kekayaan seni budaya yang pernah ada atau yang masih hidup dalam masyarakat.


Melalui festival ini, diharapkan mampu memberikan pengetahuan bagi generasi muda tentang sejarah, tatanan adat istiadat, kesenian yang dimiliki dan hidup di masyarakat pada masa lampau.


"Sasaran lainnya menarik wisatawan domestik/lokal dan mancanegara untuk berkunjung dan menikmati kekayaan seni budaya Solok Selatan serta keindahannya, guna menciptakan pertumbuhan ekonomi di masyarakat," 

Pada festival ini,  akan mengungkap kekayaan seni budaya yang pernah ada atau yang masih ada sejak masa lampau, baik dalam bentuk tata cara upacara adat, prosesi/peristiwa adat, seni pertunjukan, dan silat.


Serta kekayaan sastra tutur dalam bentuk petatah petitih, pasambahan, text/syair dendang, kekayaan ragam busana adat untuk sebuah peristiwa adat dan untuk seseorang menurut fungsinya, mengembalikan penataan hiasan rumah gadang seperti masa lampau, dan memunculkan benda-benda bersejarah koleksi pribadi/masyarakat.


Seluruh kekayaan materi tersebut akan dikemas dalam bentuk rangkaian pagelaran, pembukaan upacara adat penyambutan kedatangan rombongan tokoh adat Alam Surambi Sungai Pagu, makan bajamba, dan kesenian tradisi Solok Selatan menjadi bagian perhelatan pembukaan.


Kemudian prosesi Adat khas Solok Selatan yang menampilkan 10 Prosesi Adat dengan kostum dan peralatan sebagaimana seluruh peralatan mereka akan dipamerkan di lapangan. 


Pameran ini akan menjadi materi lomba essai siswa SMA, SMK dan sederajat.


Boleh juga mengadakan Panggung Anak Nagari  yang akan menggelar karya-karya anak nagari dari sanggar/komunitas berupa Tari, Musik dan Randai serta kuliner dan kerajinan khas Solok Selatan.


Pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara membuat suatu pusat informasi mengenai kebudayaan ini, yang dapat difungsionalisasi ke dalam banyak bentuk Tujuannya adalah untuk edukasi ataupun untuk kepentingan pengembangan kebudayaan itu sendiri dan potensi kepariwisataan daerah. 


Dengan demikian para generasi muda dapat memperkaya pengetahuannya tentang kebudayaanya sendiri.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS