Ticker

6/recent/ticker-posts

Obat Obatan Tradisional di Minangkabau

 


Nama : Pinta Nirwana
Mahasiswa Universitas Andalas jurusan  Sastra Daerah Minangkabau


Minangkabau , tahukah kamu tentang Minangkabau selain terkenal dengan kokohnya adat atau kebudayaaan ternyata Minangkabau menemukan juga berbagai ramuan atau pengobatan secara Tradisional yang berasal dari ramuan tumbuh tumbuhan , Nah selain berobat ke dokter dengan obat kimia ternyata di Minangkabau juga banyak terdapat obat obatan tradisional seperti ,daun jarak , daun bunya  rayo , daun rambutan ,

  Daun  jarak , sebagian pepatah mengatakan bukan  orang Minang jika tidak kenal dengan tumbuhan daun jarak , tumbuhan daun jarak ini memilikin banyak manfaat  sebagai pengibatan  tradisional , di daerah saya ada juga yg menyebut daun jarak dengan daun kalikih , namun istilah daun jarak lebih di kenal banyak orang , manfaat  daun jarak sangat banyak salah satunya bisa untuk menurunkan deman , dengan biasanya caranya daunnya di ambil lalu di letakkan ke dalam air maka  panas badan kita saat sakit akan pindah ke daun jarak tersebut, nah getahnya juga  bisa digunakan sebagai obat untuk sakit gigi, Bagian tanaman jarak yang dapat dimanfaatkan adalah biji, akar, daun, dan minyak dari bijinya. Secara umum, hampir semua bagian tanaman jarak dapat dipergunakan sebagai obat. Bagian daun digunakan sebagai obat untuk penyakit koreng, eczema, gatal , batuk sesak dan hernia. Bagian akar digunakan untuk reumatik sendi, tetanus.

 Daun bunga raya , atau masyarakat Minang menyebutnya dengan sebutan bungo rayo , daun bunga   raya ini banyak terdapat di depan rumah warga, biasanya warga menggunakan bunga ini sebagai pagar depan rumah namun ternyata selain berfungsi sebagai pagar , daunnya berfungsi juga sebagai obat obatan tradisional , daun ini kegunaannya untuk penurun demam , cara menggunakannya dengan diambil daun yang agak muda saja lalu di remas pakai air lalu di minum , air ini juga bisa untuk menghilangkan panas  dalam karena daun di anggap daun dingin.

 Tanaman cocor bebek,nama lain dari tanaman cocor bebek ini kalau di daerah saya adalah tanaman dingin dingin, Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu. Cocor bebek mengandung, , zat lendir, dan . Cocor bebek digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, serta bisul , namun yang terkenalnya cocor bebek ini adalah pengobat bisul , bagi yang bisulnya lagi meradang pakai saja cocor bebek ini maka dia akan sembuh.

 Daun Rambutan , selain dari  buah rambutan yang enak atau manis  ternyata daunnya  juga  dapat digunakan sebagi obat tradisional , yang biasanya daunnya itu berguna sebagai obat untuk penuran panas pada anak yang lagi demam , penggunaan pada  daun rambutan ini daunnya diyang muda  di remas  pakai air setelah itu  airnya di minum.

 Kelapa muda atau orang Minang sering menyebutnya dengan sebutan "Karambia mudo" ternyata selain  menikmati enaknya kelapa muda ternayta air kelapa muda ini bisa juga di gunakan sebagai obat panas dalam karena air kelapa ini di anggap sebagai minuman dingin , dan juga untuk penurunan demam di daerah Minang atau khususnya daerah saya biasanya air kelapa ini di campurkan menggunakan tepung ketan  dan parutan ubi sedikit lalu bisa juga di bikin gula  aren untuk menambah rasanya.

 Daun sirih , selain berguna sebagai isi carano  dan pembahasan tentang adat lainnya ternya  daun sirih bisa juga di guankan sebagi obat obatan tradisional , salah sat contohnya yaitu obat batuk , dimana saat menggunakan daun sirih yaitu daunnya yang di  remas pakai air lalu di minum.

 Air aka , Air aka atau orang minang menyebutnya dengan sehutan "Aia aka" di Minangkabau aia aka tersebut sudah sangat banyak di temui ,

dalam penyajiannya aia  aka terbuat dari daun cincau  dan di sajikan menggunakan jeruk nipis , nah aia aka kali ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam.

 Jeruk nipis , di daerah saya  jeruk nipis selain di gunakan sebai asam dari gulai atau sambal agar tidak bauk amis , ternyata jeruk nipis juga bisa di gunakan sebagi obat obatan tradisional , sallah satunya yaitu untuk obat batuk , saat batuk  gunakan jeruk nipis dengan kecap atau bisa juga dengan cabai maja obat ini akan bisa menyembuhkan batuk.

 Kemeyan , adalah aroma kristalnyang berbau wangi wangian ternyata kemeyan bisa juga di gunaka sebagai farfum selain untuk farfum ternyata bisa juga untuk obat obatan tradisonal seperti penghilang setan dan biasanya kemeyan di pakai setelah sholat maghrib.

 Bunga kitolod , bunga  ini biasanya banyak terdapat di halaman atau juga di tepi tepi parit , selain sebagi hiyasan  ternyata bunga ini juga bisa sebagi obat yaitu   pengobatan  mata , dan sangat berfungsi menjaga kesehatan mata, bunga ini memiliki citi ciri warna putih.

 Daun iinai , bagi perempuan Minang inai ini sangat berguna  apalagi bagi anak daro , selain berguna sebagai pemberi warna pada kuku , ternyata daun inai ini memiliki fungsi sebagai pengobatan salah satunya yaitu untuk pengibatan kaki yang terluka atau kuku , dengan begitu getah dari daun inai tersebut akan menyatukan kembali dari bekas luka , ada juga kegunaannya sebagi obat mag di daerah saya Pasaman banyak orang yang menggunakan daun inai ini sebagai pengobatan mag dengan caranya biasanya setelah di giling hlus lalu di telan begitu  saja atau bisa juga di beri air.

 Rempah rempah , rempah remah yang dimaksut disini ialah kunyit , jahe , kulit kayu manis , nah selain berfungsi sebgai alat untuk bermasak ternyata rempah ini juga berfunsi sebai obat obat yang mana jahe tersebut berfungsi untuk menghangatkan badan , kunyin  disini berfunsi untuk obat masok angin , dan rempah rempah di sini banyak juga di jadikan sebagai jamu

 Daun pepaya , daun pepaya juga digunakan sebgai obat obatan tradisioanal salah satu contohnya saat sakit saat haid maka jika meminum obatobatan tradisinal ini maka  haid kita akn lancar namun daun pepaya ini memiliiki rasa yang pahit.

 Obat obatan tradiaonal tersebut memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh oleh selain menggunakan resep dokter , tiidak salah jika kita menggunakan obat obatan tradisional dan terus mengembangkan respnya.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS