Ticker

6/recent/ticker-posts

Masyarakat Sambut Antusias Thaharah Masjid Jajaran Kemenag Kota Padang


Dalam Rangka menyambut bulan suci Ramadhan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi Cetuskan Program Thaharah Masjid dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M.


Kegiatan tersebut, diawali  di Masjid Al- Maramah Ujung Gurun Kota Padang dan akan dilanjutkan pada 10 Kecamatan lainnya di Kota Padang pada Jumat (18/03).

“Walikota Padang Hendri Septa  Apresiasi setinggi tingginya program yang telah dicetuskan Kementerian Agama Khususnya Kota Padang”,pujinya. 

Hendri Septa selaku orang nomor satu di Kota bingkuang tersebut, Lounching Program Thaharah Masjid dalam pemaparannya, ia jelaskan Program Thaharah Masjid ini,  selain untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan sekaligus sebagai bentuk ajang Bersih- bersih dilingkungan Masjid baik didalam maupun Luar perkarangan sekaligus ajang mempererat tali silaturahhmi antar umat muslim, ungkapnya.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan sebagai ladang ibadah bagi kita semua serta  kita selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin", harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi dalam sambutannya mengatakan bahwa Jajaran Kementerian Agama  se-Indonesia secara serentak melaksanakan program "Thaharah Masjid dan Mushala" dalam rangka menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. 

"Maka hari ini, Jajaran Kantor Kemenag Kota Padang ikut menyemarakkan serta mensukseskan program tersebut lewat pelaksanaan secara serentak di 11 Kecamatan di Kota Padang", jelasnya.

Ditambahkan, H.Edy Oktafiandi program thaharah masjid dan mushala merupakan anjuran agama Islam, berpedoman pada kitab fiqih, salah satunya thaharah. Kegiatan ini meliputi bersih-bersih tempat ibadah, lingkungan rumah dan lainnya. Jadi, ketika kita melaksanakan ibadah puasa, shalat lima waktu serta tarawih semuanya sudah bersih. 

"Thaharah masjid berarti bersama-sama meningkatkan kebersihan, menyemarakkan dan meramaikan masjid dengan shalat lima waktu dan tarawih di setiap masjid dan mushala melalui thaharah masjid, kita tingkatkan silaturrahmi antar sesama," jelasnya. 

Lebih jauh di katakan H.Edy Oktafiandi "Alhamdulillah para pengurus masjid dan mushala terpilih di 11 kecamatan Kota Padang menyambut antusias program Thaharah masjid dan mushala yang diusung Kantor Kemenag Kota Padang ini," ungkapnya.

Ia berharap, program ini semakin menambah eratnya buhul silarurahmi jajaran Kemenag dengan masyarakat. Mudah-mudahan masyarakat dapat melaksanakan ibadah dibulan suci Ramadhan dengan khusyuk di masjid dan mushala yang kebersihannya terjaga. 

"Mari kita sama-sama menjalankan rukun Islam yang ketiga ini dengan hati yang ikhlas, bersih, dan tenang. Kebersihan itu sangat dianjurkan dalam agama Islam. Bersih merupakan sebahagian dari iman. bersih tempat ibadah, lingkungan, yang lebih penting bersih hati dan jiwa kita",ajaknya.

Semuanya harus dibersihkan sebelum kita melaksanakan ibadah puasa, agar ibadah puasa yang kita kerjakan nanti dapat dikerjakan dengan baik dan meraih nilai taqwa," seru H.Edy Oktafiandi.

Pengurus Masjid Al- Maramah yang biasa dipanggil Pk Datuk beserta masyarakat sangat bangga dan senang sekali atas kedatangan rombongan dari Kemenag. apalagi dengan program thaharah masjid, bersih-bersih semua lingkungan masjid. 

"Indak bisa jo talapak tangan, jo Niru kami tampuang, artinya, pihak pengurus masjid merasa sangat berterimakasih atas kehormatan pelaksanaan thaharah di masjid yang mereka urus", ungkap Pk Datuk.

Kami atas nama pengurus dan masyarakat sangat berharap, program ini dapat berlanjut seterusnya. apa yang dilakukan tim Kemenag ini sangat luar biasa. Jujur kami pun belum sanggup melakukan seperti ini.

"Berkat thaharah, masjid serta pekarangan jadi mengkilap, bersih semuanya," tambah pk Datuk lagi.

Kegiatan tersebut, diikuti Kepala Subbag Tata Usaha Zulfahmi, Plt.Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Farhan Furqani, plh. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H.Suhardi, Kepala. KUA dan Jajaran, Siswa MAN 1 Kota Padang.

Aparatur Sipil Negara Jft Jfu dilingkungan Kementerian Agama Kota Padang, Beserta Pejabat dilingkungan Pemerintah  Kota Padang, Forkopimda, Majelis Taklim dan Pengurus masjid Al-maramah Ujung Gurun Kota Padang.(HarisTJ)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS