Ticker

6/recent/ticker-posts

Subuh Mubarak UNP : Kesiapan Fisik dan Mental Menyambut dan Melaksanakan Ibadah Ramadhan


Beberapa waktu lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan dan marilah kita bersiap diri untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya pada bulan Ramadhan nantinya.


Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak UNP yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Pendidikan secara virtual dan diikuti  pimpinan serta sivitas akademika Universitas Negeri Padang Jumat, (18/03/2022)




Pada kesempatan itu, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Ustaz Syahrul Ismet, S.Ag., M.Pd sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak UNP yang diselenggarakan secara virtual.


Dalam ceramahnya dengan topik "Kesiapan Fisik dan Mental dalam Menyambut dan Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan", Ustaz Syahrul Ismet, S.Ag., M.Pd menyampaikan, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ada panggilan cinta untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tersebut.


"Puasa adalah instrumen yang sangat ampuh untuk menahan diri dan difardhukan kepada orang-orang beriman untuk nilai dan skill dalam bentuk taqwa," tambah Ustaz Syahrul Ismet.


Menurut Ustaz, bahwa kesiapan untuk melakukan puasa adalah waspada karena dalam melaksanakan ibadah puasa bisa sukses dan bisa gagal untuk menjadi orang yang taqwa.


"Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga," jelasnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, ada hal-hal yang merusak pahala puasa yakni perkataan dusta atau bohong, perbincangan pornografi, perkataan sia-sia yang tidak mempunyai nilai.


Dijelaskan selain itu hal yang merusak ibadah puasa adalah dusta, ghiba, adu domba, sumpah palsu, memandang penuh syahwat.




"Kesiapan lain dalam menyambut bulan Ramadhan adalah komitmen untuk melaksanakan puasa karena berpuasa adalah pembakar dosa, sebagai bengkel atau wadah atau pusat pelatihan untuk menjadi suci, sehat, dan unggul sehingga sehat fisik dan jiwa," jelas Ustat yang


juga Sekretaris Senat Fakultas Ilmu Pendidikan UNP itu.



Dijelaskan, untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah kesiapan ilmu tentang puasa tersebut seperti puasa itu adalah syariat tua, ibadah rahasia, syariat pendidikan, amal khusus masuk surga, bulan multikeistimewaan, dan sebagainya. (  * )


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS