Ticker

6/recent/ticker-posts

SIKAP SEPERTI APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN ? MENGINGAT ANTAR SESAMA MUKMIN ADALAH BERSAUDARA

 


Prof.Dr.H.Asasriwarni MH Guru Besar UIN/ Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



*_A. Dalil Rujukan :_*


Rasulullah SAW Bersabda Sbb :


*عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُؤْمِنُ مِرْآةُ الْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنُ أَخُو الْمُؤْمِنِ يَكُفُّ عَلَيْهِ ضَيْعَتَهُ وَيَحُوطُهُ مِنْ وَرَائِهِ*


*Dari Abu Hurairah dari Rasulullah ﷺ bersabda : Seorang mukmin itu cermin bagi mukmin yang lain, dan seorang mukmin itu saudara bagi mukmin yang lain; ia membantu saudaranya ketika kehilangan (ikut menanggung kesusahannya) serta menjaganya (membelanya) dari belakang."*  (HR. Abu Daud No: 4272.  Status : Hadits Hasan)


*_B. Pelajaran Yang Terkandung Di Dalamnya :_*


*1. Sikap Seorang Mukmin Yang Pertama :* 


Bila melihat akhlak mulia pada diri  Mukmin lainya,  maka dia akan segera mencontohnya.  Jika dia melihat berbagai sifat tercela dalam diri mukmin lainnya, dia akan selalu mawas diri bahwa dirinya memiliki keburukan yang sama, maka dari itu dia akan segera berusaha membersihkan dan menyingkirkan sifat-sifat tercela yang ada pada  dirinya.


Hal tersebut  mengacu kepada Sabda  Rasulullah SAW Di bawah ini : 


إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي


*Sesungguhnya aku hanyalah manusia seperti kalian. Aku lupa sebagaimana kalian lupa. Oleh karenanya, ingatkanlah aku ketika diriku lupa* (HR. Bukhari)


*2.  Sikap Seorang Mukmin Yang Kedua :*


Apabila melihat sifat tercela pada diri saudara mukmin lainnya, dia akan segera menasihatinya agar  dengan  segera  meninggalkan sifat tercela itu. Dia menjadi cermin bagi saudara Mukmin lainya. Dengan menasehatinya,  dia akan menjadi sadar bahwa aib yang seperti itu juga ada pada dirinya, sehingga seolah-olah sebagai   cermin yang mampu  menampakkan keburukan dan aib dirinya.


Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT Berikut ini : 


إن الإنسان لفي خسر إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر


*Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran* (QS. Al-‘Ashr, Ayat : 2-3).


*3.  Sikap Seorang Mukmin Yang Ketiga :* 


Dia akan memandang Mukmin yang lain sesuai dengan keadaan hatinya. Jika hatinya baik, suci, jujur dan bersih dari sifat tercela, maka dalam pandangannya semua Mukmin yang lain juga baik  seperti itu. Dia berprasangka baik kepada seluruh Mukmin dan sama sekali tidak akan berpikiran buruk terhadap orang lain.


Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT di bawah ini :  


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ


*Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati ? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang* (QS. Al Hujarat Ayat : 12)


*4.  Sikap Seorang Mukmin Yang Keempat :* 


Diantara sesama Mukmin akan saling  tolong menolong jika berada di dalam kesusahan. Diantara mereka akan saling membela jika  dianiaya atau didzalimi oleh orang lain.


Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT di bawah ini :


ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


*Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya* (QS. Al-Mâidah Ayat : 2)


Untuk itu, marilah kita menjadi cermin bagi  saudara Mukmin  yang lainnya.


*۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞*


*سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ ۩۩*


*_Bersatu dalam Aqidah,  toleransi dalam furuiyyah dan khilafiyyah_*


*هدان الله واياكم اجمع*  *والسلام عليكم ورحمةاللّه وبركاته*


Semoga renungan pagi ini bermanfaat dan berkah bagi kita, aamiin YRA                                        

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS