Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa UNP Ikuti Virtual Exchange Program di CGU Taiwan

 






Sejak Januari 2022, Universitas Negeri Padang (UNP) sudah melakukan kerja sama akademik  dan pertukaran mahasiswa  dengan Chang Gung University (CGU), Taiwan.


Kerja sama tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) nomor 4357/UN35/KS/2021.


Sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama yang dilakukan, CGU mengadakan Virtual Exchange Program 2022 untuk mahasiswa internasional.


Bentuk program ini adalah perkuliahan yang dilakukan secara online selama satu semester (18 pertemuan) dan mata kuliah ayng diambil akan terhitung 1-3 SKS. Program yang dimulai sejak tanggal 21 Februari 2022 sampai 24 Juni 2022 menawarkan 21 mata kuliah.


Sementara, UPT Layanan Internasional menyambut baik program tersebut dengan menginisiasi pertemuan bersama Wakil Rektor IV UNP dan delapan ketua program studi dari mata kuliah yang ditawarkan pada 5 Januari 2022.


Dalam pertemuan, UNP bersedia mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Virtual Exchange Program sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan,  selanjutnya dilakukan proses penyeleksian yang terdiri dari seleksi dokumen dan wawancara.


Kepala UPT Layanan Internasional (UPT LI) Rusnardi Rahmat Putra mengatakan, proses seleksi ini dimaksudkan agar mahasiswa yang lulus nantinya mampu untuk mengikuti perkuliahan satu semester.


“Diharapkan mulai dari kemampuan komunikasi bahasa Inggris, manajemen waktu, serta menyelesaikan tugas yang diberikan, sehingga mahasiswa kita bisa menyelesaikan studi dan mendapatkan nilai yang sangat bagus,” jelas Rusnardi.


Setelah UPT LI menerima 13 nama mahasiswa yang lulus, nama-nama tersebut dikirimkan ke CGU melalui Kantor Layanan Internasional.


Dari 13 nama tersebut, ada 12 mahasiswa UNP yang berhak mengikuti program ini. Satu mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan di karenakan mata kuliah yang diambil di-cancel oleh pihak CGU. Adapun nama-nama mahasiswa yang mengikuti Virtual Exchange Program adalah seperti di bawah ini.


Terhitung sejak tanggal 21 Februari 2022, mahasiswa yang mengikuti program Virtual Exchange sudah memulai perkuliahan yang dilakukan secara online.


Salah seorang peserta, Muhammad Deedat Ayasy, mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP, dalam satu kelas terdiri dari berbagai mahasiswa internasional yang berasal dari banyak negara, seperti Myanmar, Thailand, Taiwan, Malaysia, Hongkong, dan lain sebagainya.


“Saya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya Jumat (25/2).


Prof. Yasri, M.S. Mengucapkan rasa bangga atas keikutsertaan 12 mahasiswa dalam program ini. Dia berharap 12 mahasiswa UNP ini bisa mengikuti program perkuliahan secara sungguh-sungguh.


“Keikutsertaan Anda semua akan membawa nama baik tidak hanya UNP, tetapi juga nama Indonesia, karena program ini juga diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara,” katanya .


Dia juga mengatakan bahwa ini adalah kesempatan besar bagi mahasiswa untuk membangun link, networking, dan pengalaman kuliah di luar negeri.


Kepala UPT LI, Rusnardi Rahmat Putra, Ph.D mengatakan bahwa UPT LI akan berkomitmen membangun kerja sama luar negeri secara lebih luas lagi.


Ke depannya program-program kerja sama seperti inilah yang akan membuat UNP kian diperhitungkan, dan mahasiswa yang mengikuti program ini memiliki kesempatan yang besar untuk kuliah S2 dan S3 di CGU.


“Kerja sama yang telah kita bangun, akan memudahkan Anda semua untuk melanjutkan studi di CGU melalui penawaran beasiswa yang mereka berikan,” tutupnya. (Rus/unp)



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS