Ticker

6/recent/ticker-posts

Doni Rahmad Samulo: Biro Pemerintahan Siapkan 6 Agenda Kegiatan di Pagai Selatan

Kabiro Pemerintahan Pemprop Sumbar Doni Rahmad Samulo. Foto Ocha



Dalam rangka menuju Sumbar Rancak Visit Beautiful Year West Sumatra Tahun 2023 nanti, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprop) Sumbar dalam waktu dekat ini mempersiapkan 6 rencana kegiatan di Pagai Selatan. Yakni pemasangan plakat pada pilar batas di Pulau Beriloga Sabeu Pagai Selatan.


Ungkapan ini dikatakan Kepala Biro Pemerintahan Pemdaprop Sumbar Doni Rahmat Samulo ketika dijumpai awak media ini Selasa 8 Januari 2022.


Lanjutnya, selain ini juga akan dilakukan penataan pola ruang laut pada kawasan Pulau Beriloga Sabeu, pemetaan rencana aksi mitigasi bencana, survey lokasi pelaksanaan pembangunan dermaga di kawasan Teluk Sinakak Pagai Selatan. 


Serta eksplorasi potensi pariwisata pada kawasan gugusan pulau di Pagai Selatan, dan pembuatan dokumentasi promosi wisata bahari pada kawasan gugusan pulau di Pagai Selatan. 


Menurut Doni Rahmat Samulo, untuk melaksanakan kegiatan ini Gubernur atau Wakil Gubernur Sumbar akan datang langsung ke lokasi ini, katanya. 


"Pemasangan pilar batas pulau paling ujung selatan Sumbar ini merupakan zona peruntukan batas laut atau zona garis laut Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 12 mil provinsi, selain itu batas ZEE nasional. 


"Sekarang kami dalam rangka mempersiapkan itu," sebut Doni Rahmat Samulo. 


Terkait dari rencana ini disebutkanya, batas wilayah Sumbar dengan Bengkulu di Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai berada di Pulau Sanding (Pulau Sanding milik Sumbar).


Sedangkan batas Bengkulu dengan Sumbar berada di Pulau Mego (Pulau Mego milik Bengkulu), terangnya. 


"Pulau Sanding sesuai info belum ada penduduk dengan jarak tempuh sekitar 190 mil dari Muaro Padang, dan dari Tua Peijat jarak tempuh ke Pulau Sanding ada sekira 162 mil , Pulau Sanding masuk wilayah Kecamatan Pagai Selatan," ungkapnya. 


Dikatakanya, sesuai info juga potensi pulau Sanding yang terletak di Desa Sinakak Pagai Selatan ini bagus untuk objek wisata, penginapan, serta wisata pantai. 

"Luas Pulau Sanding ada sekira 10 hektar lebih," pungkasnya.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS