Ticker

6/recent/ticker-posts

DISPAR PROPINSI SUMBAR ADAKAN BIMTEK SELAMA DUA HARI UNTUK PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KEMITRAAN DI PARIWISATA

 


Dinas Pariwisata (DinPar) Provinsi Sumatera Barat  mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan   Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata selama dua hari Rabu dan Kamis (23 --24/2 di Axana Hotel yang diikuti dari berbagai daerah sebanyak 100 orang yang dari pelaku usaha pariwisata dimasing masing daerahnya. 


Anastasya selaku ketua pelaksana  penyelenggara kegiatan menyampaikan kepada awak media bahwa Bintek ini bertujuan  bagaimana mengajak masyarakat untuk meningkatkan peran  serta didalam kepariwisataan, masyarakat itu merupakan salah satu dari 5 helix, yaitu pihak masyarakat, pemerintah, Media, Akamedisi dan pelaku usaha, supaya kita melayani wisatawan dengan hospitality (kebersihan) , sehingga wisatawan menjadi betah dengan adanya keramah tamahan didaerah Sumatera Barat, "tutur  Anastasya. 


Bimtek ini resmi dibuka oleh Kepala bidang (Kabid) Pengembangan Sumber  Daya Kepariwisataan, " Drs. Mulyadi Anis, pada hari Rabu (23/2). Dengan ini kami juga akan mengadakan pendidikan dan pelatihan formal dibidang Pariwisata yaitu pelatihan pemberdayaan pengembangan masyarakat sadar wisata merupakan komponem/ konsep yang menggambarkan partisipasi dan suport segenap masyarakat dalam terwujudnya iklim yang konduktif bagi tumbuh dan berkembang kepariwisataan disuatu daerah. Karena tentu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, "ucap Anastasya. 


Harapan kami dari kegiatan Bimtek ini, ada perubahan  pelaku usaha wisatawan, dan  meningkatkan pelayanan yang baik( hospitality), bersama sama menjaga kebersihan sehingga citra pariwisata di Sumatera  Barat bisa baik. Unsur unsur yang ada dalam pengembangan destinasi wisata adalah berupa pelayanan yang baik, dengan menjaga kebersihan dan harga yang trasparan, lanjut Anastasia. 


Untuk yang menjual makanan (pedagang) makanan harus ada membuat label harga, kalau wisatawan datang belanja, jadi mereka tau atau tidak merasa tertipu dan kesan mahal bisa hilang dengan pelayanan yang ramah. Peserta yang ikut dalam Bimtek ini, ada pelaku usaha wisata, tokoh tokoh masyarakat. Dimana mereka bisa mendukung ditempat destinasi wisata masing masing," Pungkas  Anastasya. 

(Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS