Ticker

6/recent/ticker-posts

Rakor Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (K2MTs) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diGelar MTsN 4 Pasaman Barat


Untuk meningkatkan mutu pendidikan Madrasah setingkat Tsanawiyah serta memberikan inovasi dalam pendidikan, Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (K2MTs) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) di MTsN 4 Pasaman Barat. Rakor dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Kamis (20/1).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Sumbar Syamsul Arifin, Kepala Kantor Kementrian Agama Pasaman Barat Muhammad Nur, Staf Ahli Bupati bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial Adrianto, serta stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Pasbar Risnawanto dalam sambutannya menyampaikan, pendidikan merupakan suatu proses yang sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas. Namun, sumber daya yang tersedia juga tergantung pada prosesnya, karena proses itu akan menentukan hasil dan interpensi antara proses dan hasil. 


"Yang pertama adalah prosesnya harus memiliki SOP yang jelas dan tegas. Kedua adalah hasilnya, yaitu kecerdasan, dan perlu dilakukan orientasi terhadap tujuan pendidikan. Jika dulu didominan okeh akses kecerdasan intelektualnya, sekarang saya menawarkan supaya orientasinya adalah kecerdasan secara majemuk, yaitu akumulasi cerdas secara intelektual, cerdas secara emosional dan cerdas secara spiritual. Ketiga ini lah yang nantiya menjadikan seseorang bisa sukses dan selamat dunia akhirat,’’ jelas Risnawanto.


Ia menambahakan, pemerintah daerah saat ini berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat, karena hal ini merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupat Pasbar. Untuk itu, perlu kerjasama dalam merealisasikannya, dalam melahirkan Sumber Daya Manuasia yang mampu bersaing di berbagai bidang.


Dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan, lanjutnya, baik Madrasah Tsyanawiah maupun sekolah yang setara lainnya, pemerintah daerah tidak akan membedakan pelayanan pendidikan. Dalam menunjang mutu pendidikan yang lebih baik, Wabup Risnawanto berharap adanya kerjasama yang baik dari stakeholder terkait.


"Untuk itu, dengan adanya Rakor K2MTs ini kita berharap nantinya dapat meningkatkan mutu pendidikan Madrasah melalui edukasi robotika menyambut era digital di Pasbar. Sehingga kedepan anak anak tidak hanya memiliki pengetahuan umum dan agama saja, namun juga memiliki kemampuan di bidang Digitalisasi yang dapat mendorong kualitas pendidikan semakin baik dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya. 


Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Sumbar Syamsul Arifin menjelaskan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (K2MTs) merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah setingkat Tsanawiyah yang memberikan inovasi dalam dunia pendidikan.


Ia menambahakan, bahwa rakor ini selain untuk menyampaikan berbagai informasi juga untuk menjalin silaturahmi dan mempererat kekuatan K2MTs sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan dengan cara melihat kelebihan dan kekurangan Madrasah itu.


"Tujuan rakor dan hadirnya kami di Madrasah Tsanawiyah 4 Pasaman Barat ini adalah untuk studi banding perkembangan Madrasah Tsyanawiah ini, karena sekolah ini menjadi salah satu sekolah unggulan di Pasaman Barat,"ungkap Syamsul Arifin.


Perkembangan zaman dimasa sekarang, kata dia,  teknologi informasi menjadi faktor dorongan revolusi industri yang mengharuskan kita untuk memanfaatkan sebaik baiknya digitalisasi guna mempermudah semua pelayanan diaspek kehidupan terutama dalam berinovasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah.


Kepala Sekolah MTsN 4 Pasaman Barat Gusmayenti, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Risnawanto dan K2MTs Provinsi beserta rombongan yang menyempatkan hadir ke MTS N 04 Pasaman untuk membuka dan menghadiri Rakor. Ia berharap dengan hadirnya Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi, dapat memberikan Pembinaan dan bantua demi menunjang Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah 04 Pasaman Barat lebih baik kedepan nya (hn)*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS