Ticker

6/recent/ticker-posts

KEUNIKAN DAN KEINDAHAN WISATA MANASIK HAJI LUBUK MINTURUN

 


Disusun oleh :

Andini Sukmawati

Mahasiswa Universitas Andalas

Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Sastra Minangkabau


     Sumatera Barat adalah sebuah provinsi yang berada di pulau Sumatra. Sumatera Barat memiliki keindahan alam tersendiri baik yang terlihat maupun yang tersembunyi. Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai tempat-tempat wisata yang memiliki keindahan dan keunikan. Salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki berbagai tempat wisata yaitu Kota Padang. Kota Padang mempunyai berbagai jenis tempat wisata, mulai dari wisata hiburan, wisata alam, wisata belanja, wisata religi, dan sebagainya. Nah, pada pembahasan kali ini akan membahas wisata religi yang ada di Kota Padang. Salah satu wisata religi yang ada di Kota Padang yaitu Wisata Manasik Haji Miniatur Makkah. 

     Wisata Manasik Haji Miniatur Makkah ini berada di Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang. Obyek wisata Makkah Miniatur berada di sungai Lareh, Lubuk Minturun, Padang. Wisata ini adalah salah satu wisata religi yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang.  Jika ingin Pergi berlibur ke kota Padang, sangat sayang untuk dilewatkan mengunjungi obyek wisata religi ini yang menyimpan  keindahan dan keunikan. Keunikan yang ada pada wisata ini sengaja dibangun menjadi Miniatur Makkah persis seperti yang aslinya yang ada di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Agar para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini bisa merasakan suasana berada di Kota Makkah. Jika belum bisa pergi ke Kota Makkah, wisatawan bisa dulu datang ke tempat ini untuk mengenali apa saja yang ada di Mekkah dan merasakan bagaimana suasana ketika berada di Kota Makkah. Pemandangan alam yang ada di kawasan obyek wisata ini sangatlah indah. Dengan hamparan bukit yang hijau dengan taman yang indah di jadikan sebagai latar belakang dan pendukung suasananya. Sehingga menjadikan tempat ini memiliki keindahan tersendiri untuk menarik para pengunjung. 

     Ketika wisatawan ingin Memasuki Masjid Nur Zikrillah maka akan disambut oleh tugu besar Al-Qur’an yang berada tepat di depan gerbang. Tidak hanya itu tempat wisata ini juga menyuguhkan beberapa keunikan dan Fasilitas lainnya seperti,

     Pertama, koleksi satwa. Tempat wisata ini juga menyuguhkan satwa seperti ikan besar yang ada pada kolam tepat di depan Masjid Nur Zikrillah. Pada kolam tersebut kurang lebih tiga ekor ikan besar Ara Piama yang membuat salah satu tertarik nya wisatawan berkunjung ke tempat ini. 

     Kedua, Pintu gerbang yang berbentuk tugu Al-Qur’an. Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Ketika ingin memasuki Masjid Nur Zikrillah maka yang pertama kali terlihat oleh wisatawan adalah tugu besar Al-Qur’an yang tepat berada di gerbang depan Masjid Nur Zikrillah. 

     Ketiga, Batu Besar. Ada beberapa batu besar yang terdapat di dalam wisata Manasik Haji ini. Di batu besar tersebut dituliskan nama-nama tempat yang ada di Makkah sehingga para wisatawan juga bisa mengetahui daerah-daerah yang ada di Makkah.

     Keempat, Miniatur Ka’bah. Miniatur Ka’bah ini terdapat di dalam Masjid Nur Zikrillah. Miniatur Ka’bah ini biasanya banyak digunakan sebagai pembekalan untuk para calon Haji yang ingin pergi naik Haji. Untuk pembekalan tersebut bisa dilakukan di wisata Manasik Haji Lubuk Minturun ini. 

     Kelima, Masjid Nur Zikrillah. Tempat wisata Manasik Haji juga memiliki Masjid yang sangat mirip dengan Masjid di tanah suci Makkah. Bagi para wisatawan yang tidak bisa merasakan suasana yang ada di Makkah, disinilah para wisatawan akan merasakan itu. Secara tidak langsung wisatawan seolah-olah berada di Tanah suci, Makkah. 

     Keenam, Jembatan tiga tungku. Lambang ini menyimbolkan sebagai tempat umat islam dalam melempar jumroh.

     Ketujuh, Terowongan. Terowongan ini yang dijadikan sebagai lambang trowongan Mina.

     Kedelapan, Bukit Marwah dan Safa. Bukit itulah yang dijadikan sebagai tempat untuk dikunjungi pada rangkaian ibadah haji. Di tempat ini para wisatawan bisa menjumpai bukit Marwah dan Safa persis seperti di Makkah. Bagi para wisatawan yang belum bisa pergi ke Makkah untuk melihat bukit Marwah dan Safa, bisa kunjungi wisata Manasik Haji ini. 

     Kesembilan, Keindahan alam. Tempat wisata ini juga menyuguhkan taman, rumah-rumah dan keindahan perbukitan yang ada di belakang Miniatur Makkah yang membuat para wisatawan menjadi lebih tertarik. 

     Perkembangan tempat wisata Manasik Haji Miniatur Makkah yang berada di Sungai Lareh, Lubuk Minturun, Kota Padang ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasakan bagaimana suasana ketika berada di Makkah. Hingga saat sekarang ini tempat wisata ini selalu dikunjungi baik bagi pengunjung yang ingin sholat di Masjid Nur Zikrillah maupun pengunjung yang ingin melihat-lihat Miniatur Makkah yang telah disediakan. Tempat ini juga sering kali dipakai untuk prewedding dan juga untuk shooting lagu dan lainnya. 

     Nah, bagi para pengunjung yang ingin berkunjung kesini tidak perlu membayar mahal-mahal. Hanya Rp.10.000-‘ rupiah saja para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan dan keunikan yang ada di tempat ini dan juga merasakan suasana di Makkah. Tidak hanya sekedar berkunjung para pengunjung juga mendapatkan ilmu mengenai seputar Makkah.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS