Ticker

6/recent/ticker-posts

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Syafrizal: Tahun 2022 Petani Organik Sumbar Suplay Kebutuhan Beras Untuk 16.800 ASN

 

Ir. Syafrizal foto Dokumen 

Padang, 

Program Tahun 2022 Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disbuntanpanhor) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meningkatkan produksi beras organik untuk kebutuhan 16.800 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Sumbar. 


Ungkapan ini dikatakan Kepala  Disbuntanpanhor Sumbar Ir. Syafrizal, saat dijumpai awak media ini di ruang kerjanya Kamis 13 Januari 2022.


Menurut Kepala Disbuntanpanhor Sumbar Ir. Syafrizal menyebutkan, lahan areal pertanian sawah yang telah digunakan untuk menghasilkan produksi padi organik seluas 125 hektar areal sawah yang tersebar di Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, dan Daerah Pariaman. 


Lanjutnya, tahun sebelumnya hasil produksi dari pertanian organik telah mencapai sebanyak 4, 5 ton per hektar. 


"Untuk lebih meningkatkan lagi hasil produksi pertanian komoditi gabah jenis padi sawah kita siap untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi mengembangkan dan memacu hasil produksi pertanian berteknologi organik," ajaknya. 


Selain ini juga, dinas pertanian mensupport petani dengan beragam kegiatan, baik secara teknologi mau pun dengan teori memberikan edukasi pada petani. 


"Yang kita anjurkan pada petani sekarang, bagaimana supaya petani baik disaat ada bantuan mau pun ketika sedang tidak ada bantuan petani juga tetap bergairah untuk melakukan bercocok tanam jenis komoditi padi sawah," harapnya. 


Dari beberapa jenis dan item program pertanian bisa memacu peningkatan hasil produksi mencapai 30 persen. 


Dijelaskanya, untuk meningkatkan hasil produksi sebanyak itu ada beberapa hal yang dilakukan buat petani. 


"Terutama sekali, menggunakan variates unggul, pemupukan berimbang, memperluas areal tanam, memakai bibit berlabel, dan lancarnya pengairan atau irigasi serta pendampingi pada petani dilapangan," pungkasnya.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS