Ticker

6/recent/ticker-posts

Kabar gembira bagi pelaku UMKN Pemda Pasbar Bangun fasilitas bagi Pelaku UMKM

 


Pasbar, jurnalissumbar-- Demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kuliner khas Pasaman Barat, Pemda akan bangun sarana dan prasarana unruk itu.


Dengan membangun sarana dan prasarana bagi pelaku usaha dan pedagang untuk memasarkan produk-produk dan jajanan kuliner khas Pasbar, rencana pembangunan nya akan di tempatkan di Taman Kota.


Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Risnawanto saat melakukan monitoring di Taman Kota, Rabu (19/1) di dampingi Sekretaris Daerah Hendra Putra, Asisten II Joni Hendri, Kadis Koperasi dan UKM Pahrein, Kepala Badan Aset dan Pendapatan Daerah Afrizal Azhar, Kepala Disnaker Armen, serta stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan bahwa pembangunan ini didasarkan untuk meningkatkan UMKM di Kabupaten Pasaman Barat, agar mandiri dan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi para pelaku UMKM di Pasaman Barat.


Ia menambahkan, dalam meningkatkan kualitas UMKM di Pasaman Barat perlu penanganan dan perhatian Pemerintah dalam memfasilitasi sarana dan keperluan lainnya, sehingga berdampak baik kepada peningkatan ekonomi masyarakat.


"Hari ini kami bersama OPD terkait hadir untuk melihat langsung proses pembangunan taman kota yang dialokasikan untuk pedagang kaki lima. Bagi pedagang nantinya akan dibina dengan baik, sehingga pelaku UMKM dapat berdagang dengan nyaman sesuai yang kita harapkan bersama,"katanya


Pemerintah daerah akan menyediakan fasilitas  sarana prasarana penunjang lainnya untuk digunakan pedagang kaki lima sepanjang jalan kantor bupati sampai halaman pengadilan negeri.


Wabup juga menambahkan bahwa mulai Februari nanti akan adanya penertiban pedagang kaki lima sekitar jalan utama guna memperindah tatanan kota dikawasan perkantoran.


"Dalam hal ini terdapat sejumlah fasilitas yang diberikan Pemda kepada pelaku UMKM yaitu tempat atau los jualan, penerangan taman, mushalla, tempat duduk bagi pengunjung. Itu semua diberikan untuk kenyamanan pedagang serta pengunjung sehingga dapat mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah dari kegiatan yang dilaksanakan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya,"ungkapnya.


Ia berharap dengan adanya penataan khusus bagi pelaku UMKN ini dan pembangunan lokasi khusus ini dapat meningkatkan pendapatan pedagang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkhusus pelaku UMKM Pasaman Barat. (hn)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS