Ticker

6/recent/ticker-posts

Wisata Batu busuk Bak Surga Tersembunyi Dan Sangat Instagramable


Penulis: Geby Aprideliankar, Mahasiswa Universitas Andalas,Fakultas Ilmu Budaya, Sastra Minangkabau

Indonesia adalah negara kaya yang menyimpan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah. selain itu, Indonesia menyediakan berbagai macam tempat objek wisata yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya yang sangat beragam. salah satunya daerah provinsi Sumatera Barat tepatnya Di salah satu kelurahan Lambung Bukit, Desa Batu Busuk Yang berada di kota Padang.


Nama Batu Busuk sendiri Sebab bernama daerah ini batu busuk adalah dahulu ada sebuah batu di dekat bandar kali yang di bawah batu nya berbau busuk. Waktu Belanda masuk ke daerah ini, batu busuk itu hilang entah ke mana. Kata orang dulu-dulu yang sebelum bapak, ada juga yang mengatakan asal-usul batu busuk ini lain ceritanya dengan yang bapak ceritakan tadi. Kata orang dulu-dulu namanya belum batu busuk lagi, tapi lubuak manjarobiah. Asal mula di ceritakan batu busuk, ada kayu yang dulu nya di larang oleh orang tua-tua jangan di belah, tapi di belah juga oleh orang itu. Karena melanggar kata-kata orang tua tadi, kayu yang di belah tadi mengeluarkan bau busuk. Karena itu bernama batu busuk kata orang dulu.



Di bandar kali yang di belakang tempat batu busuk ini, ada ikan larangan. Ikan itu ada juru kuncinya, jadi ikan itu tidak bisa di tangkap. Biasanya di tangkap cuma setahun sekali, itu pun di lihat dulu ikannya, sudah besar-besar atau belum, kalau ikannya sudah besar-besar, baru bisa di tangkap, dan itu juga melalui juru kuncinya. Di sini dulu banyak peninggalan Belanda, Belanda di sini ada sekitar 3 tahun. Jadi kami melawan Belanda dulu hanya dengan senjata biasa saja. Jadi masuklah Jepang dulu ke sini. Kami bersama sama melawan Belanda. Sampai-sampai Belanda pun akhirnya pergi dari sini. Belanda pergi, Jepang pun pergi meninggalkan kampung ini.



Bukan hanya itu, di daerah Batu Busuk ini juga memiliki tempat wisata bagi masyarakat yang ingin mengunjunginya. Peninggalan Belanda dan Jepang sekarang telah menjadi tempat wisata bagi daerah Batu Busuk ini, yaitu seperti  Jembatan Gantung, Jembatan Air Plta Kuranji, Lubang Japang, Bendungan Patamuan dan masih banyak lagi. Tentunya yang paling disenangi dan diminati banyak orang adalah tempat pemandian serta pemandangan yang sangat indah untuk dilihat dan dirasakan  bak Surga Tersembunyi dibaliknya.

 Tidak hanya memiliki nama yang unik Batu Busuk juga memiliki sejarah penjajahan Belanda Dan Jepang, dan bangunan Jembatan Gantung dan Patamuan Saringan yang menjadikan keunikan tersendiri bagi pengunjung yang ingin berwisata disana. Tentu dengan pemandangan jejeran perbukitan yang sejuk dan air sungai yang sangat jernih dan berwarna Biru bening. Tentunya sangat menyejukkan mata,dan sangat Instagramable buat pecinta media sosial

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS