Ticker

6/recent/ticker-posts

Seni Pertunjukam di Era Pandemi


Nama            : Sari Novia

Fakultas        : Ilmu Budaya

Universitas   : Universitas Andalas


Sama – sama kita ketahui bahwa seni pertunjukan merupakan karya seni yang melibatkan individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Dalam seni pertunjuian itu terdapat beberapa unsur yaitu waktu, ruang, individu/kelompok serta hubungan pemeran seni pertunjukan dengan penonton. Cukup banyak peminat dari seni pertunjukan. Baik seni pertunjukan tradisional maupun seni pertunjukan modern. Tidak hanya dari kalangan seniman atau peminat seni, bahkan seseorang yang sebelumnya tidak terlalu tertarik dengan seni pun suka menonton pertunjukan seni. 


Pertunjukan seni biasanya diadakan diberbagai tempat dan diberbagai kesempatan. Baik itu untuk menyalurkan hobi para seniman, tugas kuliah ataupun diadakan untuk acara amal dan lainnya. Namun disaat sekarang ini dengan kondisi dunia yang tidak baik – baik saja, cukup banyak kegiatan seni yang terhenti sementara dengan adanya peraturan untuk menjaga jarak dan larangan diadakannya acara yang dapat menimbulkan keramaian.


Banyak pertunjukan seni yang rutin diadakan pun tidak dilakukan di masa pandemi. Namun diadakan secara online. Memang ada juga manfaat dari diadakannya pertunjukan secara online karena akan lebih cepat persebarannya. Namun ada juga kekurangannya jika diadakan secara online yaitu makna dari seni pertunjukan tersebut tidak tersampaikan kepada penonton secara efektif dan interaksi para seniman dengan penonton pun juga tidak efektif bahkan tidak dapat dilakukan.


Meskipun banyak seni pertunjukan yang tidak efektif  bahkan terhenti karena pandemi saat ini. Namun ada juga beberapa wilayah yang justru membangkitkan kegiatan seni di kampungnya melalui pemuda pemudi di daerah tersebut. Karena kegiatan pendidikan juga diadakan secara online, mulai dari sekolah dasar sampai perkuliahan. Dengan begitu pemuda dan pemudi daerah tersebut aktif berkesenian di daerahnya masing-masing.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS