Ticker

6/recent/ticker-posts

PONPES HARAKATUL QUR'AN, SALAH SATU PONDOK PESANTREN TERBAIK DIKOTA PADANG.

 



Dikota Padang juga ada Pondok Pesantren Harakatul Qur'an ( PPHQ ) berlokasi diBatang Kabung Ganting, KotoTangah Padang. Pondok Pesantren Harakatul Qur'an adalah merupakan pesantren terbaik di Padang. 

Pesantren ini memfokuskan santri belajar alqu'an dan  hadist , dan khusus menghafal ayat alqur'an , kalau kelas satu SMA sudah hafal  sebanyak 23 juz alq'an  dan masa pendidikan di pesantren ini 6 tahun. 


Setiap hari  santri ini menghiasi lantunan ayat ayat suci alqur'an, mengenai sistim  

Pendidikannya, pesantren ini menggunakan  kurikulum kuliyatul, yaitu Mu'alimin  Al Islamiyah. Kurikulum ini

sangat didisain khusus untuk mengakomodir pendidikan agama dan pendidikan umum dalam satu sistim. 

Kurikullum ini populer di Pesantren Gontor, dan tidak sama dengan kurikulum diknas maupun kemenag. 


Dipesantren ini mempunyai kelebihan, kelebihan pada penggunaan kurikulum terletak pada kedisiplinan yang diterapkan pondok pesantren ini untuk santrinya. Dengan disiplin santri sudah terbiasa mandiri, sehingga anak anak santri akan siap menghadapi tantangan zaman yang berkembang. 


Pondok Pesantren Harakatul Qur'an genap berusia 5 tahun, dan dengan hari jadinya ini juga sekaligus diadakan Pelantikan Organisasi Pelajar Qur'an priode 2021 - 2022 dilaksanakan dilokasi Ponpes Harakatul Qur'an pada malam, hari kamis (11/11) jln. Batang Kabung Ganting, kecamatan Koto Tangah Padang dengan jumlah santri yang dilantik 61 orang


Ketua Pembina Yayasan Ponpes Harakatul Qur'an, Syukur Usman menyampaikan kepada insan pers,bahwa pesantren ini didirikan dengan tujuan benar benar berlandaskan alquran dan sunnah rasul. Dengan tujuan awalnya mengajak bagaimana generasi generasi sumatra barat dan insyaallah dunia kembali kepada alquran dan benar benar menjalani syariat islam. Amanah yg diperintahkan oleh allah dan meninggalkan segala larangan Nya, dan sunnah rasul dijalankan dengan baik tanpa harus membeda beda kan. Alhamdulillah ditahun ke 5 ini, supaya pesantren ini tidak hanya berada dibatang kabung saja sesuai dengan pepatah minang,patah tumbuh hilang berganti, artinya sebelum patah sudah disiapkan penggantinya. Hari ini acara bukan saja melantik mereka, tetapi diserah terima amanah dari kami sebagai nazir,serah terima dari guru-guru dan serah terima amanah dari yayasan kepada mereka.


Selanjutnya roda kepemimpinan,roda kepengurusan pesantren ini maju mundur nya ditangan mereka,jadi mereka bukan hanya sekedar dilantik,tapi sudah semuanya mereka jalani itu sudah diatur oleh santri,jadi mereka ini diberi amanah bukan setengah-setengah tapi seratus persen.


Syukur usman menambahkan pondok pesantren Harikatul Qur'an dibuka disini,dan karna fikiran kami,tidak punya harta dan tidak mempunyai pendidikan tinggi(gelar apapun) hanya dengan niat baik dan itu hanya diawali Alqur'an.Dan saya hanya mengurus anak-anak di dalam dan di luar pondok."papar syukur usman 


Muhammad Sobri selaku pembina pondok pesantren Harikatul Qur'an,menjelaskan bahwa ponpes ini didirikan oleh alumni-alumni Gontor. Gontor ini sudah mempunyai sistim pendidikan yang salah satu terbaik di indonesia. Pelajaran yang di ajarkan disini ternyata melebihi dari apa yang diajukan di Gontor itu sendiri.Salah satu nya memadukan Alqur'an dengan kitab standar,bahasa arab dan bahasa inggris nya.Tetapi anak-anak bukan ahli di bidang agama saja ,tetapi ahli diduniawi nantinya.Dan akan menciptakan kader-kader ulama dan umoroh kedepan nya.Santri-santri yang belajar disini bukan dari sumatera barat saja,melain kan luar dari Sumbar.Jadi anak yang datang kesini dipilih oleh Allah yang sebenarnya Yang baru kelas I Aliyah sudah bisa hafal 23 juz.sebelum mereka menyelesaikan pendidikan nya disini,mereka sudah hafal 30 juz nantinya 


Bahasa arab,bahasa inggris. mereka aktif semuanya.Masa pendidikannya dipondok pesantren ini selama 6 tahun,3 tahun di sanawiyah dan 3 tahun di Aliyah.Pada tahun 2022 nanti saya berharap berjumlah dua kali lipat dari yang sekarang ini yaitu sebanyak 120 santri,itu salah satu syarat untuk mendapatkan ijazah Gontor.Karena kurikulum disini disesuaikan dengan kurikulum Gontor,supaya ada kemerdekaan belajar disini.


Anak-anak disini mempunyai akhlak yang luar biasa tidak pernah keluar pagar(melanggar)semua yang dilantik disini menerapkan fungsinya tanpa disuruh.Pada saat ini yang menjadi santri dipondok ini khusus pria.Siswa yang masuk kesini tidak dikenakan biaya sekolah,Tetapi untuk uang pendaftaran dan masuk sebesar Rp.4.250.000 itu semuanya sudah termasuk lemari pakaian,kasur,uang makan sebulan nya,baju dan yang lain-lain nya Dan iuran perbulan nya sebesar Rp 950.000 itu juga untuk biaya makan selama sebulan,termasuk gaji guru dan juga asrama."Pungkas Sobri mengakhiri. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS