Ticker

6/recent/ticker-posts

NAGITA Padang Pariaman Berulang Tahun ke-2.




Parik Malintang,- Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 Inovasi NAGITA (Nagari Go Digital) dan  Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) replikasi inovasi NAGITA antara Bupati Padang Pariaman dengan Walikota Dumai serta Pencanangan Pekan Dukcapil tingkat Sumatera Barat di Kabupaten Padang Pariaman, pada Selasa (23/11) bertempat di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang.


Dalam sambutannya, Wabup Rahmang menyampaikan ucapan selamat dengan telah berlangsungnya penggunaan NAGITA selama 2 tahun. Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Wabup sangat mengapresiasi kinerja dan pengembangan inovasi oleh Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Karena telah menginspirasi dan memberikan motivasi layanan yang membahagiakan masyarakat, serta menjadikan tugas pelayanan yang memudahkan. Sehingga, peran Pemerintah dapat dirasakan dan hadir di tengah masyarakat.


"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan pengembangan inovasi layanan dalam jaringan (daring), adalah untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Layanan ini berkembang secara masif, melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari serta dukungan kebijakan teknis dari Dinas Kominfo dan DPMD kabupaten Padang Pariaman," tuturnya.


Wabup juga menambahkan, selama 2 tahun perkembangannya. NAGITA telah membawa wajah pelayanan publik di Padang Pariaman semakin baik dan berkualitas. Kondisi ini, menuntut pembenahan semua aspek pelayanan publik di naga6ri. Sehingga, kanytor Nagari menjadi pusat pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. 


"Tidak hanya itu, Kantor Nagari harus menjadi pusat pembelajaran, baik bagi masyarakat Nagari maupun masyarakat di luar. Efek perubahan layanan pada Kantor Nagari, beberapa Nagari di Kabupaten Padang Pariaman menjadi sasaran objek studi komparatif dari luar kabupaten Padang Pariaman, bahkan menjadi referensi untuk proses penyusunan kebijakan", jelas Wabup.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly, S.AP. MM, menyebutkan. Bahwa tujuan adanya  aplikasi NAGITA ini adalah untuk memberikan layanan administrasi yang tidak berbelit–belit, mudah di akses dan untuk menghindari pungli yang sering terjadi tengah masyarakat. Saat ini, sudah tersedia 103 layanan online yang tersebar di seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.


“Replikasi inovasi diharapkan memberi manfaat kepada banyak pihak, agar lebih banyak memberi kemudahan kepada masyarakat dan menghilangkan kesenjangan layanan publik antara Kota dan Desa. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Nagari yang telah membantu mewujudkan NAGITA. Sehingga dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dan membantu masyarakat untuk mengurus keperluan dokumen kependudukan”, ujarnya.


Fadhly juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama pada berbagai aspek. Khususnya kepada Dinas Kominfo, DMPD, dan PT. Pos Indonesia atas terwujudnya Nagari Go Digital dan telah berjalan dengan baik dan lancar selama 2 tahun.


Mewakili Walikota Dumai, Muhammad Syafi’i, S.Sos. M.Si selaku Asisten Administrasi Umum juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Atas kesediaan bekerja sama memfasilitasi replikasi aplikasi NAGITA untuk diterapkan di Kota Dumai Provinsi Riau.


“Kami mewakili Pemerintah Kota Dumai, berterima kasih dengan dilakukannya penandatanganan MoU ini. Karena itu akan memudahkan kegiatan pencatatan dokumen kependudukan. Sehubungan dengan adanya interaksi antara dua Daerah ini, dapat dikembangkan dalam bentuk lain dan dari berbagai sektor. Mudah-mudahan kita bisa terus menciptakan inovasi terbaru, yang bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi masyarakat,” tutupnya.


Dalam rangkaian acara ini, juga dilakukan pencanangan Pekan Dukcapil Provinsi Sumatera Barat dengan lokus di Kabupaten Padang Pariaman. Dinas Dukcapil Provinsi menetapkan Solok Selatan dan Padang Pariaman sebagai lokus pekan Dukcapil Sumatera Barat Tahun 2021. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat dan Kadis Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Acara ditutup dengan pemotongan kue ulang tahun, oleh Wakil Bupati Padang Pariaman dan diikuti para tamu dan undangan. 


Sebelum acara penutupan, PT. Pos Indonesia cabang Pariaman menyerahkan baju seragam admin layanan NAGITA di Nagari. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan pemasangan kepada perwakilan admin NAGITA dari Nagari Balah Aie dan Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu oleh Wakil Bupati Rahmang dan Kepala PT. Pos Indonesia cabang Pariaman Roza Matra.


Kegiatan tersebut, juga dihadiri Sekda Kabupten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis beserta jajaran, Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Padang Pariaman, Ketua GOW Yusneli Rahmang, Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat Putri Reno Sari, Kepala PT. Pos Indonesia cabang Pariaman Roza Matra, SE. Akt,  Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung Zulhelmi, SE. MM. Camat se Kabupaten Padang Pariaman, Kepala KUA, Kepala Puskesmas dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, serta admin NAGITA se Kabupaten Padang Pariaman. (Prokopim)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS