Ticker

6/recent/ticker-posts

Kondisi Industri Pariwisata Pada Saat Sekarang Ini


Penulis: Juniati Ifada Mahasiswa Universitas Andalas

Sastra Minangkabau


Kalau bicara mengenai industri pariwisata apa sih yang langsung terfikir oleh kita untuk pertama kalinya? Mungkin jalan-jalan, libur bareng keluarga, atau malah kita memikirkan tempat destinasi wisata nya seperti pantai atau gunung. Sebenarnya ruang lingkup industri pariwisata sangat luas dan beragam cakupannya.

Lalu bagaimana kondisi  Industri pariwisata saat ini?

Seperti yang dapat kita lihat saat ini, dengan keadaan pandemi yang melanda Indonesia bahkan dunia, dapat kita lihat dampaknya diberbagai unsur masyarakat, seperti dampak terhadap ekonomi masyarakat, dampak terhadap bidang pendidikan, dampak terhadap bidang sosial budaya, bahkan juga bidang kepariwisataan. 

Untuk perkembangan industri pariwisata, dapat dikatakan sebagai industri yang memiliki prospek yang bagus bagi pemasukan daerah bahkan juga negara. Perkembangan industri pariwisata yang sebelumnya dijadikan sebagai salah satu sumber pemasukan bagi negara saat ini mengalami kendala, Karena pandemi covid yang masih saja berkelanjutan maka industri pariwisata merasakan dampak yang signifikan.

Dengan berbagai peraturan yang ada terhadap industri pariwisata seperti melakukan pengecekan suhu sebelum masuk ke destinasi wisata, pengurangan jumlah pengunjung, memberikan batasan-batasan kontak antar pengunjung, banyak kebijakan lainnya yang diberlakukan karena pandemi seperti saat sekarang ini, tetapi kebijakan paling besar adalah sampai terjadinya penutupan tempat destinasi wisata.

Memang tidak sedikit bagian-bagian dari Industri pariwisata ini yang mengalami kerugian,  walaupun begitu tidak sedikit masyarakat yang sadar akan akan hal ini Dan mencoba berbagai Cara untuk menyelamatkan Industri kepariwisataan ini, tidak hanya masyarakat tetapi pemerintah juga menciptakan kebijakan-kebijakan yang akan membantu masyarakat dalam keadaan pandemi seperti saat Sekarang ini.

Diharapkan untuk kedepannya industri pariwisata di Indonesia semakin membaik, kebijakan yang diberlakukan dapat membantu masyarakat dalam mnghadapi pandemi yang kita alami seperti saat Sekarang ini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS