Ticker

6/recent/ticker-posts

KATA “AIR MANIS” DAN SANG LEGENDA PADA OBJEK WISATA PANTAI AIR MANIS


Oleh : Laviola Salsabilla

Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau

Universitas Andalas


Siapa sih yang tidak tahu dengan Pantai Air Manis? Pantai Air Manis atau yang sering disebut PAM oleh generasi milenial saat ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Sumatera Barat, tepatnya berlokasi di Kecamatan Padang Selatan. Letak pantai ini berada di balik bukit Gunung Padang dan bisa melewati jembatan Siti Nurbaya. Pantai ini merupakan salah satu yang menjadi ikon dari Sumatera Barat khususnya Kota Padang. Cerita khas yang menjadikan pantai ini begitu terkenal adalah cerita si Malin Kundang yang terkutuk menjadi batu bersamaan dengan kapalnya. 


Cerita ini telah menjadi acuan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati wisata yang ada di Kota Padang. Ditambah lagi dengan adanya patung yang menyerupai seorang manusia dan kapalnya, menjadikan pantai ini semakin dikenal dan dipercayai bahwa cerita tersebut nyata adanya. Namun pernahkah kalian bertanya bagaimana bisa sebuah pantai dinamakan Air Manis, padahal jika kalian mencicipi air lautnya akan terasa asin sama seperti pada air pantai lainnya. Selain itu, apa hubungan yang terjadi antara cerita si Malin dengan pantai Air Manis. Tentu kalian penasaran bukan?


Menurut Mulyadi yang merupakan salah satu masyarakat asli pantai yang juga berprofesi sebagai penyewa ojek air menjelaskan bahwa kata “Air Manis” pada nama pantai memiliki cerita bersejarah tersendiri jauh sebelum legenda Malin Kundang masuk kedalam pantai. Menurut beliau “Air Manis” berasal dari sumur di dekat kaki bukit yang berada tak jauh dari pantai. Sumur tersebut memiliki air yang begitu manis namun mematikan. 


Pada zaman dahulu, disaat masa penjajahan Belanda pernah ditemukan sekelompok orang yang tengah kehausan lalu meminum air sumur tersebut dan berakhir tewas. Hal ini menjadi ucapan rutin oleh masyarakat sekitar ketika bertanya dimanakah mayat dari sekelompok orang itu ditemukan. Jawaban yang selalu diberikan saksi mata adalah “Air Manis”. Sejak saat itu kata “Air Manis” menjadi sebuah nama didaerah tersebut. Ditambah lagi daerah tersebut berada pada pinggir pantai, sehingga nama pantai nya pun menjadi Air Manis. 


Lalu hubungan cerita si Malin dengan pantai apa? Legenda Malin Kundang merupakan cerita yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Legenda ini menceritakan kisah si Malin yang pergi merantau lalu menjadi durhaka ketika mendapatkan kesuksesan di rantau. Didalam cerita dijelaskan bahwa Malin berasal dari keluarga yang tinggal di Pesisir Pantai, sehingga ketika beliau di kutuk menjadi batu, batu tersebut berada disekitaran pantai. Nah, pantai Air Manis dijadikan objek untuk menggambarkan bagaimana bentuk lingkungan pada cerita si Malin ini. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan anak-anak pada generasi selanjutnya untuk dapat melihat akibat dari sebuah perbuatan yang sangat dibenci oleh Sang Pencipta. 


Jadi bagaimana teman-teman? Sudah tahu bukan, bagaimana cerita dari nama Pantai Air Manis dan hubungannya dengan legenda Malin Kundang.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS