Ticker

6/recent/ticker-posts

Rektor UIN IBMartin Kustati, UIN Dukung Visi Modern Relegius


Hari ini Sabtu (27/11) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang mewisuda 1.198 orang lulusannya   secara langsung, dan seiring kurva penyebaran COVID-19 yang kian melandai, kita tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” kata Rektor UIN IB Padang, Prof. Martin Kustati, M.Pd, Sabtu, (27/11).



Disebut Kustati, total jumlah wisudawan periode ke-86 tahun 2021 ini 1.198 orang. Khusus hari ini, dikukuhkan sebanyak 608 orang wisudawan/wati dari tiga fakultas.


Dalam sambutannya, Kustati berharap lulusan UIN IB Padang ini berkontribusi maksimal. Terutama bagi kemaslahatan masyarakat, agama, bangsa, dan negara.


Menurutnya, alumni ialah refleksi rupa UIN IB Padang di tengah masyarakat. Alumni diharapkan bisa menunjukkan diri sebagai generasi mudah Islam yang progresif.


“Label UIN IB Padang melekat erat menjadi identitas pembeda dari orang lain. Saya berharap bisa berkontribusi di tengah masyarakat,” ujarnya.


Dikatakan Kustati, banyak teladan progresifitas generasi muda Islam dalam khazanah sejarah peradaban. Islam tumbuh dan berkembang melalui pergerakan generasi muda.


“Islam tumbuh dalam poros dakwah, pergerakan anak-anak muda yang kuat secara spiritual dan intelektual,” tambahnya.


Kustati berharap saudara dapat berkontribusi maksimal bagi kemaslahatan masyarakat, agama, bangsa, dan negara dimana pun berkiprah nantinya.


Dengan visi besar dalam gengggaman tangan saudara semua, senantiasa jadikan Islam sebagai spirit dan distingsi pergerakan. Sehingga dalam 5 atau 10 tahun mendatang, akan muncul alumni-alumni UIN Imam Bonjol, sebagai ilmuan, pendidik, ekonom, politisi, pengacara, teknokrat, dan praktisi di berbagai bidang, yang menjadikan Islam sebagai core value dalam semua aktivitas kerja. Ujarnya


DEngan mengusung moto modern-religius” sebagai karakter alumni UIN Imam Bonjol Padang harus selalu ada peningkatan opitimisme, bahwa UIN Imam Bonjol akan melaju semakin cepat menuju universitas Islam yang kompetitif di ASEAN tahun 2037.


Dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman, UIN IB Padang berpedoman pada Kurikulum berbasis KKNI yang kita terapkan telah mereorientasi kerangka pembelajaran yang pada awalnya lebih intens pada aspek akademik kepada kerangka yang mengkombinasikan aspek akademik, keterampilan kerja, dan penguasaan teknologi.


 Hal ini seyogyanya mampu memandu saudara semua untuk menghasilkan berbagai inovasi dan kreativitas sebagai modal berkompetisi di dunia kerja nantinya,"imbuhnya.

Gubernur Sumbar saat menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan wisudawan mengatakan, Pemprov Sumbar telah menyiapkan Program untuk tahun 2021-2025, Sumbar yang religius dengan peningkatan sarana keagamaan, kebudayaan, program pendidikan, kesehatan, sanitasi yg layak dan pertanian.

Lanjut Mahyeldi, Sumbar juga memberi pembinaan yang layak pada guru agama dan juga memprogramkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ke Timur Tengah dengan syarat fasih baca quran.

“Pemuda hari ini adalah pemimpin bagi masyarakat, civitas akademika UIN IB memiliki peran dengan tekad yang baik untuk Sumbar, keberhasilan UIN menjadi kebanggaan bagi Pemprov Sumbar”harapnya.

#02


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS