Ticker

6/recent/ticker-posts

Ternyata Silek Harimau Minangkabau Sangat Mematikan

 


Oleh : FAUZIAH RISKY NASUTION

Mahasiswa Universitas Andalas

Sastra Minangkabau

      Buat kalian khusunya orang Minangkabau tentu tau dong apa itu silat,silat atau silek merupakan budaya atau seni beladiri di Nusantara ini. Silek harimana Minangkabau selain mematikan silek jenis ini juga  menyimpan banyak sejarah dan keunikan yang harus kalian ketahui, Indonesia sendiri memang terkenal ragam budayanya yang sangat unik,tak heran apabila setiap daerah nya memilik keunikannya masing masing ,begitu juga sumatera barat yang kita kenal dengan sebutan Minangkabau salah satu budaya Minangkabau yang sudah mendarah daging yaitu silat / silek minangkabau. 

     Suku Minangkabau juga di kenal sebagai suku yang suka merantau ke negeri orang oleh sebab itu ,bekal merantau mereka memiliki keahlian yaitu ilmu beladiri dari pertahanan musuh, ilmu beladiri tersebut dinamakan silek, silek sendiri bermana macam .salah satunya itu adalah silek harimau. Memang dari sekian banyak jenis silat yang berasal dari Minangkabau, Silat Harimau merupakan aliran yang paling menonjol.Dikatakan Silat Harimau memiliki gerakan yang digunakan menyerupai harimau, selain itu kuda-kuda atau jurus awal pada silat ini menggunakan gaya seperti harimau. Ada mitos yang mengatakan jika pesilat menguasai aliran satu ini, maka mereka akan berubah wujud menjadi harimau. Silek harimau ini juga memiliki karakter yang tegas dan keras layaknya harimau . 

     Apa saja ke ngeri an silek harimau? Silek harimau merupakan silek yang pengajaran nya harus intens dan disiplin oleh sebab itu sangat sedikit nyata pesilat khas yang menguasai silek harimau karena silek harimau ini cukup susah untuk dilakukan. Silek harimau sendiri termasuk silek garis geras yang cukup berbahaya bagi pengguna silek tersebut bagi target nya, biarpun gerakan silek ini jika di lihat cukup indah namun jangan salah,gerakan yang dilakukan cukup mematikan karena menggunakan 2 gerakan ciri khas,yaitu kuncian dan tangkapan target , silat harimau dalam dunia silat dianggap jenis yang paling berbahaya. Dalam pertarungannya ia menyasar titik titik vital seperti rahang,ulu hati,mata,kelamin atau urat leher yang dapat menyebabkan terpisahnya nyawa dari raga. Dan yang perlu kalian ketahui pada perhelatan olahraga  seperti Asian games silat ini tidak di pertandingan dalam kejuaraan silat karena karakter nya ini tampak mematikan.

Apa saja gerakan silek harimau?Teknik yang harus dikuasai oleh para pesilatnya ialah teknik akrobatik dan juga teknik beladiri sigap. Karena gerakan silat harimau memerlukan kecekatan dan tubuh yang luwes. Karena banyak di dalam gerakan Silat Harimau sendiri yang mengharuskan sang pesilat untuk menaiki tubuh musuhnya hanya dengan berlutu atau dengan gerakan menangkap. Selain teknik tangkapan, gerakan silat harimau juga menggunakan teknik kuncian. Selain itu silek harimau juga menggunakan senjata yang bernama kerambit,senjata ini berbahaya karena dapat merobek dan menyayat tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi.

Menurut rakyat kerambit terbentuk dari cakar harimau yang berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu,karambit di rancang seperti kuku harimau.para pesilat Minang terutama pesilat harimau sangat mahir menggunakan alat ini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS