Ticker

6/recent/ticker-posts

KOMISI III DPRD Laksanakan Pembahsan APBD-Sumbar2022, Minta Gubernur Genjot BUMD

 

 


DPRD Sumbar melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan belanja daerah (APBD tahun 2022,  DPRD Sumbar melalui ketua Komisi III  H.Afrizal mengatakan bahwa APBD Sumbar terkosentrasi pada angka 6,6 Trilyun dari dana tersebut dapat diprediksi ada dana transper pusat sebesar 4,3 Triliyun dimana 2.3 T berasal dari dana Pajak daerah dan restribusi. biasanya terealisasi hanya sampai 1.9 T saja, bahkan dana pusat tersebut Ditambah dari dana transper pusat berupa DAU dan DAK non fisik.

Kegiatan pembahasan APBD 2022 Sumbar ini dilaksanakan pada tanggal 24 oktober hingga 26 oktober2022 di Bukittinggi.

 

Terlihat bahwa bantuan pusat 4.3 T tersebut sangat besar dari pendapat Asli daerah sumbar, harapan kita dana pusat sangat diharapkan dalam membangun sumatera barat.

 


Menurut AFrizal bahwa untuk meningkatkan PAD Sumbar kedepan haruslah professional dalam mengelola Badan Usaha Milik daerah (BUMD-Sumbar) dimana ada bank nagari, PT.jamkrida, PT, Grafika, PT. Balairung, PT pembangunan Sumbar dan PT Sijunjung Sumbar Energy

 


Dengan tujuh BUMD milik Sumatera barat kita sebagai badan legislative yang mengawasi kinerja kepala daerah, afrizal mengingatkan jangan jadikan BUMD menjadi kepentingan penguasa dan sapi perahnya penguasa daerah. Karena sejak orde baru praktek demikian sudah berlangsung bertahun-tahun,” ujar Afrizal seorang anggota DPRD partai Golkar yang senior di lembaga legislative ini kepada wartawan,

Karena PT balairung tahun 2021 lalu, tidak mendatangkan  laba atau keuntungan bagi PAD Sumbar sehingga DPRD sangat kecewa dengan kinerja pemerintah daerah.

Komisi III DPRD yang membidangi anggaran daerah sebagai mitrakerja dimana ada, PTSP, ada BUMD, ada biro Pengadaan barang dan jasa, dan Koperasi dapat mencapai target pendapat sebagai pemasukan daerah untuk kesejahteraan amsyarakat sumbar yang diharapkan bisa membangun daerah lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat Sumbar.

Afrizal mengajak Gubernur Sumbar  untuk membesarkan perusahaan daerah dan harus serius membesarkannya, kegiatan pembahasan APBD2022 Sumbar ini akan dilanjutkan dengan rapat BANGGAR untuk penetapan APBD2022 selanjutnya.

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS