Ticker

6/recent/ticker-posts

Kantor Wali Nagari Aur Begalung Sudah Diambang Bibir Sungai Batang Bayang Akibat Tebing Sungai Ambrol Diberondong Banjir


Aur Begalung, Bayang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Rifda, dalam waktu dekat ini akan meninjau lokasi pasca banjir Sungai Batang Bayang di Kenagarian Aur Begalung Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.


Ungkapan ini dikatakan Kadis PSDA Sumbar, Rifda saat dikonfirmasikan padanya Sabtu 2 Oktober 2021 oleh awak media ini, terkait banyak tebing Sungai Batang Bayang amblas diberondong banjir. 


Sungai Batang Bayang ini telah memporakporandakan areal pertanian penduduk dan memberondong tebing sungai dekat pemukiman penduduk di 2 Jorong Lubuk Aur dan Jorong Lubuk Begalung masing-masing di Kenagarian Aur Begalung Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.


Banjir sungai ini berkelabat hebat menghamtam sisi tebing sungai pada banjir Sungai Batang Bayang Rabu 29 September 2021, serta meluluhlantakkan areal pertanian penduduk. 


"Kita segerakan untuk turun ke lapangan," balas pesan dari Kadis PSDA Sumbar, Rifda ungkapnya saat dihubungi oleh awak media ini. 


Karena pada batas di dua Jorong Lubuk Aur dengan Jorong Lubuk Begalung terdapat lokasi bekas limpahan air sungai Batang Bayang pada teompoe doeloe-nya bekas lokasi rembesan air sungai ini sekarang telah menjadi ratusan pemukiman penduduk di 2 Jorong Lubuk Begalung dan Jorong Lubuk Aur Kenagarian Aur Begalung. 


Terkait Kadis PSDA Sumbar Rifda akan turun ke lokasi pasca banjir di Kenagarian Aur Begalung, katanya singkat saja. 


"Ini hampir sama dengan ke jadian di Tapan. Dan lokasi ini sudah disurvey teman-teman, biar nanti kita cek lagi," pungkas Rifda, yang bermaksud akan meninjau lokasi pasca banjir di Kenagarian Aur Begalung. 


Pada tempat terpisah saat dihubungi Wali Nagari Aur Begalung Musrial, ST ketika dikonfirmasikan padanya Sabtu 2 Oktober 2021, terkait dengan pasca banjir ini. 

Menurut Wali Nagari Aur Begalung Musrial, ST mengungkapkan pada awak media ini, kondisi terkini memang lebih parah dari kondisi banjir sebelumnya, sambil ia (Wali Nagari Aur Begalung Musrial, ST) membagikan beberapa photo kondisi pasca banjir di wilayah kerjanya. 


"Kita berharap pemerintah terkait diatasnya cepat membikin tebing sungai pada beberapa titik di pemukiman penduduk, pinta Wali Nagari Aur Begalung ini, berharap. 


"Yang paling merisaukan kita letak Kantor Wali Nagari Aur Begalung di Dusun Gadong-Jorong Lubuk Aur, Kantor Wali Nagari Aur Begalung ini sudah dekat dengan bibir Sungai Batang Bayang," pungkasnya.@Obral Chaniago*.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS