Ticker

6/recent/ticker-posts

PELAJARAN TAUHID YANG SEHARUSNYA SEJAK DINI ORANG TUA AJARKAN KEPADA ANAK-ANAKNYA*


Prof.D Dr. H.Asasriwarni MB Guru Besar UIN IB/ Ketua Dewan Pertimbangan MUI Propinsi Sumbar




Ajarkanlah kepada anak-anak kita sedini mungkin tantang *_"Tauhid"_*. Dengan mengulang-ulang secara terus-menerus sehingga mengkristal dan menyatu dalam bentuk keyakinan dalam sanubari anak-anak kita. 


Karena ketidaktahuan terhadap pokok-pokok agama dan tidak ditanamkannya tauhid sejak dini adalah merupakan sebab utama  terjadinya *_ilhad (penyimpangan)_*   yang sungguh sangat membahayakan bagi anak-anak kita,  na'udzu billah min dzalik. Upaya tersebut dapat kita lakukan dengan menyampaikan pertanyaan2 seputar tauhid sbb :


*_A. Dari Sumber Yang Mana Kita Mengambil Aqidah ?_*


Jawabannya terdapat dalam Al Qur'an dan As Sunnah, yakni :


*1. Firman Allah SWT :*


 فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا


*Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya*  (QS. An-Nisa Ayat : 59)


Selanjunya Allah SWT juga berfirman sbb : 


وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


*Dan sungguh, inilah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah! Jangan kamu ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa* (QS. Al-An’aam Ayat : 153]


*2. Sabda Rasulullah SAW :*


تَرَكْتُ فِيْكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّ بِعْدَهُمَا كِتِابُ اللهِ وَسُنَّتِيْ ،


*Aku tinggalkan di tengah-tengah kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat setelah (kalian berpegang teguh pada) keduanya, Kitabullah (Al Qur'an) dan Sunnahku* (HR. At-Thabrani)


*_B. Dimanakah Allah SWT ?_*


Dia berada di atas Arsy, yakni : diatas langit (sesuai dengan keagungan dan kemuliaanNya). 


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


الرَّحْمَٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ


*Rabb yang Maha Pemurah, yang _BERSEMAYAM DI ATAS 'ARSY_*  (QS. Thaha Ayat : 5)


Selanjutnya Allah SWT juga berfirman sbb :


هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۚ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا ۖ وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ


*Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian _DIA BERSEMAYAM DI ATAS 'ARSY_. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari padanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya, dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan* (QS. Al-Hadid Ayat : 4)


*_C. Untuk (Tujuan) Apa Allah SWT Menciptakan Jin dan Manusia ?_*


Supaya beribadah hanya kepada Allah  dan tiada sekutu bagiNya. 


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


*Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku* (QS. Adz Dzariyat Ayat : 56)


Kemudian Allah juga berfirman sbb : 


أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ


*Apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu hanya main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami ?* (QS. Al Mu’minun Ayat : 115).


Selanjutnya Allah juga berfirman sbb : 


وَلَا تَقۡفُ مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٌۚ إِنَّ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡبَصَرَ وَٱلۡفُؤَادَ كُلُّ أُوْلَٰٓئِكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔولٗا


*Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya* (QS.Al-Isra’ Ayat : 36)


*_D. Apa Makna Beribadah KepadaKu ?_*


Menunaikan segala hal yang dicintai dan diridhai  oleh Allah SWT  baik dalam bentuk  perkataan maupun perbuatan.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ


*Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, _ALLAH BESERTA ORANG-ORANG YANG SABAR_*(QS. Al Baqarah Ayat : 153)


Selanjutnya Allah berfirman sbb : 


كَيْفَ يَكُوْنُ لِلْمُشْرِكِيْنَ عَهْدٌ عِنْدَ اللّٰهِ وَعِنْدَ رَسُوْلِهٖٓ اِلَّا الَّذِيْنَ عَاهَدْتُّمْ عِنْدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِۚ فَمَا اسْتَقَامُوْا لَكُمْ فَاسْتَقِيْمُوْا لَهُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِيْنَ


*Bagaimana mungkin ada perjanjian (aman) di sisi Allah dan Rasul-Nya dengan orang-orang musyrik, kecuali dengan orang-orang yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) di dekat Masjidilharam (Hudaibiyah), maka selama mereka berlaku jujur terhadapmu, hendaklah kamu berlaku jujur (pula) terhadap mereka. Sungguh, _ALLAH MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERTAKWA_*  (QS. At Taubah Ayat : 7)


Kemudian Allah juga berfirman sbb : 


فَبِمَا نَقۡضِهِمۡ مِّيۡثَاقَهُمۡ لَعَنّٰهُمۡ وَجَعَلۡنَا قُلُوۡبَهُمۡ قٰسِيَةً‌ ۚ يُحَرِّفُوۡنَ الۡـكَلِمَ عَنۡ مَّوَاضِعِهٖ‌ۙ وَنَسُوۡا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوۡا بِهٖۚ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلٰى خَآٮِٕنَةٍ مِّنۡهُمۡ اِلَّا قَلِيۡلًا مِّنۡهُمۡ‌ فَاعۡفُ عَنۡهُمۡ وَاصۡفَحۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُحۡسِنِيۡنَ


*(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, _ALLAH MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERBUAT BAIK_*  (QS. Al Maidah Ayat : 13)


*_E.  Apa Makna Kalimat Laa ilaaha Illallah ?_*


Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah SWT.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


QS. Al-Baqarah  Ayat : 163 dan 255; QS. 'Ali `Imran Ayat : 2, 6, dan 18; QS. An-Nisa' Ayat  : 87 dan sebagainya. 


Sebagai contoh dalam surat yang sangat terkenal, yakni  :


ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ



*Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya ? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar* (QS. Al Baqarah Ayat : 255)


*_F. Ibadah Apa Yang Paling Agung ?_*


Ibadah yang paling agung di hapan Allah SWT  adalah Tauhid.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُواْ اللّهَ وَاجْتَنِبُواْ الطَّاغُوتَ


*Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): _"SEMBAHLAH ALLAH SAJA_  dan jauhilah Thaghut itu”* (QS. An Nahl Ayat : 36).


Selanjutnya Allah juga berfirman sbb : 


قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ


*Katakanlah: _"Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Rasulullah)_, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”* (QS. Ali Imran Ayat : 31)


*_G.  Maksiat Apa yang Paling Besar ?_*


Masiat yang paling besar di hadapan  Alkah SWT adalah Syirik, yakni menyekutukan Allah.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ يَلْقَ أَثَامًا


*Dan orang orang yang tidak _MEMPERSEKUTUKAN  ALLAH_  dengan sembahan lain dan tidak _MEMBUNUH JIWA_  yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak _BERZINA_  dan barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat* (QS. Al-Furqan Ayat : 68)


*_H. Ada Berapa Bagian Tauhid ?_*


Ada Tiga, yakni : Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, Tauhid Asma' Wash Shifat.


 *1. Tauhid Rububiyah :*


Mengesakan Allah dalam hal perbuatan- perbuatanNya, seperti : menciptakan dan memberi rizki. Meyakini bahwa yang Menciptakan dan Memberikan rizki hanyalah Allah. 


*2. Tauhid Uluhiyah :*


Mengesakan Allah dalam hal perbuatan hamba seperti doa, shalat, menyembelih hewan dan sujud. Aplikasi tauhid ini adalah dengan meniatkan saat kita beribadah ikhlas karena Allah, bukan untuk sesembahan lain.


*3. Tauhid Asma' Wash Shifat :*


Allah memiliki nama-nama dan sifat-sifat sesuai dengan keluhuran dan kemuliaanNya. Oleh karena itu, nama dan sifat Allah SWT yang serba sempurna  tidak sama dengan nama dan sifat mahluk ciptaannya yg serba terbatas.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ جَعَلَ لَـكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا وَّ مِنَ الۡاَنۡعَامِ اَزۡوَاجًا‌ ۚ يَذۡرَؤُكُمۡ فِيۡهِ‌ ؕ لَيۡسَ كَمِثۡلِهٖ شَىۡءٌ ‌ۚ وَهُوَ السَّمِيۡعُ الۡبَصِيۡرُ


*(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat* (QS.  As Syura Ayat : 11)


*_I. Al Qur'an Adalah Kalam siapa ?_*


Al Qur'an diturunkan dari sisi Allah dan difirmankan secara langsung dengan huruf dan suara (melalui malaikat Jibril yang kemudian disampaikan kepada Muhammad SAW .


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ


*Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya* (QS. Al Hijr Ayat : 9)


Selanjutnya Allah juga berfirman sbb : 


اَمْ يَقُوْلُوْنَ افْتَرٰىهُ ۗ قُلْ فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّثْلِهٖ وَادْعُوْا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ


*Apakah pantas mereka mengatakan dia (Muhammad) yang telah membuat-buatnya? Katakanlah, “Buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah (Al-Qur'an), dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar* (QS. Yunus Ayat : 38)


*_J. Apakah Yang Dimaksud Hari Kebangkitan ?_*


Yaitu peristiwa dibangkitkannya manusia seluruh dunia setelah diwafatkannya.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


زَعَمَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنۡ لَّنۡ يُّبۡـعَـثُـوۡا‌ ؕ قُلۡ بَلٰى وَرَبِّىۡ لَـتُبۡـعَـثُـنَّ ثُمَّ لَـتُنَـبَّـؤُنَّ بِمَا عَمِلۡـتُمۡ‌ؕ وَذٰ لِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيۡرٌ


*Orang-orang yang kafir mengira, bahwa mereka tidak akan dibangkitkan. Katakanlah (Muhammad), "Tidak demikian, demi Tuhanku, kamu pasti dibangkitkan, kemudian diberitakan semua yang telah kamu kerjakan." Dan yang demikian itu mudah bagi Allah* (QS. At Taghabun Ayat : 7).


*_K. Ada berapakah Rukun Islam ?_*


Rukun Islam Ada Lima. Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


فَإِن تَابُوا۟ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَوُا۟ ٱلزَّكَوٰةَ فَإِخْوَٰنُكُمْ فِى ٱلدِّينِ ۗ وَنُفَصِّلُ ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ


*Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui* (QS. At Taubah Ayat : 11)


Kemudian Rasulullah SAW bersabda sbb :


عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .رواه البخاري و مسلم .


*Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab Radhiyallahu ‘Anhuma-, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan* (HR. 

 Al-Bukhari No. 8 dan Muslim No. 16)


*_L. Ada Berapakah Rukun Iman ?_*


Rukun Inan Ada Enam. Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنزِلَ إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ


*Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya* (QS.  Al-Baqarah Ayat :136)


Kemudian Rasulullah SAW bersabda sbb :


قَالَ : صَدَقْتَ فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ قَالَ : فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِيْمَانِ قَالَ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ


*Orang itu berkata, “Engkau benar.” Kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya. Orang itu berkata lagi, “Beritahukan kepadaku tentang Iman.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” Orang tadi berkata, “Engkau benar.”*  (HR. Muslim No. 8)


*_M. Ada Berapakah Rukun Ihsan ?_*


Rukun ikhsan Ada Satu, yakni : Beribadah kepada Allah seolah-olah melihatNya. Meski tidak dapat melihatNya didunia ini, tapi ketahuilah bahwa Dia senantiasa melihat hambaNya.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ


*Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, Karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik* (QS. Al-Baqarah Ayat : 195)


Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda sbb : 


إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ


*"Sesungguhnya Allah memerintahkan berbuat baik terhadap segala sesuatu. Jika kalian hendak membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang baik. Jika kalian hendak menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan senangkanlah hewan yang akan disembelih* (HR. Muslim No. 1955)


*_N. Apakah Definisi Islam ?_*


Islam adalah berserah diri kepada Allah SWT dengan mentauhidkan Nya, tunduk kepada Allah  SWT dengan ketaatan, dan berlepas diri dari perbuatan syirik dan para pelakunya.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ


*Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya lah _BERSERAH DIRI (ASLAMA)_  segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah-lah mereka dikembalikan* (QS. Ali Imran Ayat  : 83).


*_O. Apa Definisi Iman ?_*


Iman adalah (kompilasi dari 3 hal berikut) mengucapkan dengan lisan, meyakini dengan hati, mengamalkan dengan anggota badan.


Iman dapat bertambah dengan ketaatan dan dapat berkurang dengan kemaksiatan.


Jawabannya terdapat di dalam Al Qur'an, yakni :


إِنَّ رَبَّكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ يُغْشِى ٱلَّيْلَ ٱلنَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ وَٱلنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ أَلَا لَهُ ٱلْخَلْقُ وَٱلْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ


*Sesungguhnya Rabbmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha penuh berkah Allah, Rabb semesta alam* (QS. Al A'raf Ayat : 54)


Sebuah renungan  di pagi hari. Semoga hidup kita semakin bermanfaat dan berkah, aamiin  YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS