Ticker

6/recent/ticker-posts

Pasca Rapat Anggota Luar Biasa, Pengurus KSU Air Bangis Semesta komit perjuangkan anggota

 


Pengurus Koperasi Serba Usaha (KSU) Air Bangir Semesta Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat yang baru berkomitmen memperjuangkan kepentingan anggota kedepannya.


Ketua Terpilih Widya Afdi usai terpilih, Jumat (30/7/2021) mengatakan ia terpilih  menjadi ketua pada Rapat Anggota Luar Biasa yang diadakan pada Kamis (29/7/2021) kemarin.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota yang telah mempercayainya saya sebagai ketua," katanya di Simpang Empat, Jumat.


Usai terpilih, katanya Ia akan berkordinasi dengan pengurus lama maupun pengurus baru untuk memajukan koperasi serba usaha (KSU) Air Bangis Semesta ini.


"Dua tahun ini RAT tidak pernah dilakukan. Untuk itu akan kita benahi kedepannya agar koperasi ini lebih baik bagi anggota," katanya.


Menjadi ketua itu sangat berat dan tidak semudah membalik telapak tangan punya mental yang kuat dan pengalaman dibidang Koperasi namun Ia berharap dukungan seluruah pengurus koperasi baik anggota maupun masyarakat Air Bangis.


Ia akan membenahi koperasi yang lebih baik dan akan memperjuangkan agar hasil kebun kelapa sawit itu dapat dinikmati anggota.


 Seiring dengan itu, pihaknya juga akan melakukan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KSU Air Bangis Semesta.


Dijelaskan,  RAT Luar Biasa kamarin diikuti sebanyak 109 orang sesuai daftar hadir dan hal ini disebabkan karena masa pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk menghadirkan anggota secara keseluruhan.


"Sesuai kesepakatan, peserta RAT ini dihadiri oleh perwakilan yang membawa surat mandat untuk satu orang perwakilan mewakili 40 orang, itu artinya peserta RAT Luar Biasa kali ini memenuhi kuorum," sebutnya.


Kemudian, saat ini lahan seluas 374 hektare itu masih akan perlu ditindaklanjuti kepada PT Bintara Tani Nusantara (BTN) sebagai bapak angkat, sebab lahan yang diberikan tidak sesuai dengan lokasi yang disepakati.


"Kita dari pengurus nanti akan menelusuri lahan seluas 374 hektare itu untuk kembali disesuaikan dengan kesepakatan awal, karena lahan kami saat ini masuk dalam kawasan hutan produksi. Tentu itu sangat merugikan masyarakat," ungkapnya.


Kemudian, saat ini pengurus juga akan segera melakukan perubahan rekening koperasi dari rekening lama ke rekening baru, karena menurutnya banyak transaksi yang dinilai tidak wajar, salah satunya adalah adanya potongan simpanan wajib anggota sebesar Rp5.000 dari total 3.768 orang anggota koperasi.


"Kita akan pindahkan rekening koperasi ini ke rekening yang baru agar transaksi dan laporan keuangan kedepannya terarah dan jelas," imbuhnya.


Ditambabkan Widya, anggota koperasi ini terakhir menikmati hasil pada Maret 2020. Setelah itu tidak ada lagi, dan Rapat Anggota Tahunan juga tidak pernah dilakukan.


Dengan terpilihnya pengurus dan dewan pengawas maka ia berharap dapat bekerja sama dan nantinya pengurus bisa transparan kepada anggota untuk kepentingan bersama.


Widya Afdi Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Air Bangis Semesta akan memperbaiki koperasi ini dengan baik dan mari sama-sama membesarkan koperasi ini untuk kesejahteraan anggota koperasi kedepannya.


Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengharapkan pengurus koperasi yang terpilih bisa mengutamakan kepentingan anggota kedepannya.


"Koperasi ini sudah lama tidak melakukan rapat anggota. Dengan terpilihnya pengurus baru bisa membuat koperasi menjadi lebih baik," harapnya.


Dia menyampaikan kepada pengurus yang terpilih nantinya bisa memperhatikan anggota dan selalu bekerjasama dengan anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Air Bangis Semesta.


"Kita berharap jangan ada juga  permasalahan kedepannya," sebutnya.


Koperasi itu menggelar Rapat Anggota Luar Biasa dan Pemilihan Ketua  Koperasi di Balerong Pusako Anak Nagari (29/7/2021) Kamis kemarin.


Dari Rapat Anggota Luar Biasa itu terpilihlah susunan pengurus dengan Ketua Widya Afdi, Sekretaris Effendi Efendra dan Bendahara H.Darnil. Kemudian Badan Pengawas terpilih adalah Yulhamnas, Zaiman K dan Khairil Huda.


Rapat anggota luar biasa itu dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Sukarni Syamsir dan unsur terkait lainnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS