Ticker

6/recent/ticker-posts

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Alsintan Traktor dan Pompa Air Untuk Kelompok Tani di Sawahlunto



*SAWAHLUNTO* - Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok - kelompok tani di Sawahlunto. Alsintan tersebut berupa 1 unit traktor roda 4, kemudian 5 unit traktor roda 2 dan 4 unit pompa air 3 inchi. 


Hermanto menyerahkan bantuan alsintan tersebut pada Selasa 27 Juli 2021 tadi di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto. Penyerahan alsintan tersebut dihadiri Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Anggota DPRD Sawahlunto, Afdhal. 


Hermanto berpesan agar kelompok - kelompok tani yang menerima bantuan alsintan tersebut dapat merawat alsintan itu dengan baik sehingga bisa digunakan dengan optimal dan berumur panjang. Jika ada kendala teknis, dapat dikoordinasikan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. 


"Silahkan digunakan untuk memaksimalkan pengolahan lahan pertanian yang tentunya berbuah pada peningkatan hasil panen. Jangan lupa dirawat mesin - mesin ini, sehingga semua anggota kelompok dapat menggunakan dan mesin ini berumur panjang," pesan Hermanto. 


Dari data yang dilaporkan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, untuk bantuan traktor roda 2 diberikan kepada Kelompok Tani Tampang Jaya (Desa Talawi Mudiak), Kelompok Tani Ngalun Indah Sakato (Desa Talawi Mudiak), Kelompok Tani Ibus (Desa Salak),Kelompok Tani Maju Bersama (Desa Talawi Hilir), Kelompok Tani Kumbalau Sukses (Desa Kolok Nan Tigo). 


Kemudian untuk bantuan pompa air 3 inchi, itu diberikan kepada Kelompok Tani Sinar Kakao (Kelurahan Lubang Panjang), Kelompok Tani Guguak malintang (Desa Kubang Utara Sikabu), Kelompok Tani Palokuik (Desa Kubang Utara Sikabu), Kelompok Tani Muda Mandiri Stasiun (Desa Silungkang Tigo). 


Sementara, untuk bantuan traktor roda 4, diserahkan kepada Brigade Alsintan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Brigade Alsintan ini yang mengelola traktor roda 4 tersebut untuk digunakan bergiliran oleh kelompok - kelompok tani yang membutuhkan. 


Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan, bantuan alsintan yang disalurkan Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto ini sangat berperan strategis dalam membantu meningkatkan pengolahan lahan pertanian di Sawahlunto. 


"Kami menyampaikan terimakasih banyak kepada bapak Hermanto. Ini bantuan yang sangat besar artinya bagi para petani Sawahlunto. Memang dalam pengolahan lahan ini, jauh sangat terbantu jika sudah menggunakan alat/mesin. Yang jelas pekerjaan terjangkau lebih luas dengan waktu yang lebih cepat," kata Walikota Deri Asta.


Dari Pemko Sawahlunto sendiri, untuk program di bidang pertanian saat ini juga banyak memberikan bantuan - bantuan. Antara lain bantuan ternak kambing, ikan, ayam dan itik, kemudian juga bibit jahe dan pinang. *(Humas)*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS