Ticker

6/recent/ticker-posts

Subuh Mubaraqah UNP Pagi Ini; Tujuan Pendidikan di dalam Islam

 


Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubaraqah pada pagi Jumat dan mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Teknik sebagai penyelenggara Subuh Mubaraqah pagi ini.

 

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubaraqah Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan Fakultas Teknik pada Jumat (25/6) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

 

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh Ustaz dapat meningkatkan komitmen kita dalam menjalankan tugas pengembangan pendidikan di Universitas Negeri Padang demi kehidupan manusia yang lebih baik.

Dalam ceramahnya dengan tajuk Tujuan Pendidikan di dalam Islam, Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. (Founder Ar Risalah Padang) menjelaskan tentang kenapa Allah menciptakan manusia di muka bumi ini yang tampaknya sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Menurutnya, tujuan pendidikan Islam adalah untuk menunjang atau sejalan dengan tujuan penciptaan manusia di muka bumi.

 

"Tujuan Pendidikan di dalam Islam sangat sejalan dengan tujuan penciptaan manusia oleh Allah.

Kenapa Allah menciptakan manusia di muka bumi? Tentulah ada tujuan Allah karena tidak ada satupun yang sia-sia atas apapun yang diciptakan Allah," Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed.

 

Lebih lanjut kata Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed., tujuan penciptaan manusia dan makhluk di bumi ini yang pertama adalah untuk menyembah Allah. Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. menambahkan bahwa tujuan penciptaan manusia yang lainnya adalah sebagai khalifah yakni untuk mengatur, mengelola, atau sebagai pemimpin di bumi ini.

 

"Untuk itu manusia diharuskan berbuat sebagai sebaik-baiknya perbuatan untuk menghadirkan peradaban terbaik untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah," jelas Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed.

 

Menurut Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed., secara rinci tujuan pendidikan di dalam Islam adalah agar kita mengenal Allah dan untuk itu Allah mengutus nabi-nabi untuk manusia sebagai pemberi peringatan.

 

"Tujuan pendidikan di dalam Islam yang kedua adalah agar kita mengenal ajaran Allah yakni mengetahui perintah Allah dan mengetahui larangan Allah. Tujuan pendidikan dalam Islam yang ketiga adalah agar manusia menanamkan nilai-nilai kebaikan seperti akhlak, karakter, moralitas yang baik," Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed.

 

Pada kesempatan itu, Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. menjelaskan lagi bahwa tujuan pendidikan di dalam Islam berikutnya yakni menghadirkan keilmuan atau keahlian agar manusia bisa mengelola bumi ini. Berikutnya, tujuan pendidikan adalah untuk menghadirkan keahlian dalam memimpin kehidupan di bumi ini.

 

"Tujuan pendidikan berikutnya di dalam adalah menghadirkan regenerasi sebagai penerus kehidupan manusia yang baik di muka bumi ini yang akan mengabdi kepada Allah sebagai pencipta," kata Ustaz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. (ET)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS