Ticker

6/recent/ticker-posts

Sala Lauk Khas Pariaman


Oleh : Geby A 
 jurusan sastra daerah minangkabau Unand

Sebagai daerah yang terletak di kawasan pesisir, Pariaman memiliki kekayaan kuliner yang tidak dapat dipisahkan dari hasil lautnya. Salah satu diantaranya adalah sejenis gorengan yang disebut Sala lauak. Hidangan ini cukup mudah ditemukan di wilayah Pariaman, terutama di sekitar pantai.

Secara harfiah, kata sala dapat diartikan sebagai 'goreng', artinya istilah ini digunakan untuk berbagai jenis bahan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Karena itulah, selain jenis sala lauak ini, terdapat hidangan lain yang juga mendapat sebutan sala, seperti nasi sala, sala udang, dan sala kepiting. Sedangkan lauak secara sederhana berarti ikan.

Meskipun secara harfiah bermakna 'ikan goreng', tetapi sala lauak sama sekali tidak seperti yang kita bayangkan. Sala lauak merupakan hidangan berbentuk gumpalan sebesar ibu jari yang terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung.

Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi gumpalan dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Gumpalan-gumpalan bertekstur renyah ini memiliki citarasa yang dominan asin dan gurih dengan aroma rempah berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya.

Sala lauak yang paling umum adalah yang berbentuk bulat sebesar bola pingpong atau sala keras. Sala berbentuk bulat ini terbuat dari bahan ikan asin yang dihaluskan dan dicampur bersama adonan tepung beras yang dibumbui bawang putih. Sala jenis ini memiliki tekstur bagian luar yang sedikit keras dan bagian dalam yang lebih lunak. Karena teksturnya yang keras di bagian luar, sala jenis ini disebut sala keras.

Selain jenis sala lauak yang berbentuk bulat, terdapat varian jenis lain yang berbentuk lebih pipih dan cenderung tidak beraturan. Varian ini secara spesifik bisa kita temukan di wilayah Pasir (Pasiah), pesisir Pantai Pariaman.

Berbeda dengan yang berbentuk bulat, sala jenis ini dibuat dari jenis ikan basah yang disebut ikan stuhuak yang digiling hingga halus. Sala jenis ini memiliki tekstur permukaan yang lebih lunak dibanding sala berbentuk bulat, sehingga disebut juga sala lunak.

Sala lauak umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap ketika sarapan pagi. Hidangan utama yang biasanya disajikan bersama sala lauak antara lain adalah ketupat gulai. Cita rasanya yang unik, membuat kuliner ini menjadi menu sarapan khas Kota Pariaman.

Penasaran bagaimana rasa sala lauak? Kamu bisa coba membuat sendiri di rumah, mengingat cara masaknya yang simpel.

Resep sala lauak Bahan: 

- 200 gr tepung beras

- 50 gr ikan teri, goreng lalu haluskan

- 1 gelas air mendidih 

- 1 lembar daun kunyit ukuran kecil, iris halus 

- 1 batang daun bawang, iris halus

- Minyak untuk menggoreng 


Bumbu halus: 

4 buah bawang merah 

2 siung bawang putih 

1 ruas jari kunyit 

1 ruas jari jahe

1 sendok teh garam 


Cara membuat sala lauak 

1. Sangrai tepung beras hingga kering. Pindahkan ke dalam mangkuk adonan. Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

2. Masukkan bumbu halus ke dalam air mendidih. Campur air berbumbu ini ke dalam tepung beras. Aduk sampai tercampur rata.

 3.Tambahkan daun bawang, daun kunyit, dan ikan teri. Aduk kembali hingga tercampur rata

 4. Bentuk adonan menjadi bola-bola berukuran kecil. Lakukan sampai adonan habis. 5. Panaskan minyak, kemudian goreng sala lauak sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sala lauak siap disajikan

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS