Ticker

6/recent/ticker-posts

PADA SAAT SEORANG MUSLIM MENGALAMI _KEGALAUAN_ , APA YANG SEHARUS DILAKUKAN ?*


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



Setiap orang kemungkinan besar pernah  berada pada situasi pikiran kacau, galau, sedih dan tidak bergairah dalam mengarungi kehidupannya.


Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mungkin karena bisnisnya bangkrut, di-PHK, patah hati, hartanya dilalap si jago merah dsb. Namun sebagai seorang muslim yang perlu diantisipasi adalah manakala kegalauan bersemayam di hati kita, jangan sampai kegalauan itu berlanjut menjadi pemicu  munculnya rasa putus asa.


Yang perlu kita lakukan,  sesuai dengan syari'at yang dianjurkan dalam Islam adalah : 


*_1. Perbanyak Dzikir Kepada Allah SWT :_*

 

Tidak ada sesuatu yang bermanfaat di dalam hati yang galau kecuali berdzikir kepada Allah. Karena dengan berdzikir itulah hati menjadi tenang dan tentram. Untuk itu,  Allah SWT Berfirman sbb :


أَلَا بِذِكْرِ اللَّـهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ


*Ketahuilah hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenang dan tentram* (QS. Ar-Ra’d Ayat : 28).


*_2. Memperbanyak Baca Al Qur'an :_*


Karena Al-Qur’an adalah merupakan obat dari segala penyakit yang ada pada setiap diri seorang muslim, khususnya penyakit hati. Untuk itu, Allah SWT Berfirman sbb :


يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ﴿٥٧﴾


*Wahai manusia, telah datang kepada kamu peringatan dari Rabbmu dan penyembuh apa yang ada di dadamu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman* (QS. Yunus Ayat : 57).


Ayat tersebut di atas mengisyaratkan bahwa  Al-Qur’an adalah penyembuh segala penyakit, khususnya hati. Sedangkan galau, gundah-gulana, itu merupakan penyakit hati. Bergegaslah  membaca Al-Qur’an,  mentadabburi Al-Qur’an, insya Allah dengan cara seperti itu  kegalauan kita akan hilang.


*_3. Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT :_*


Kita harus ingat, bahwa sesuatu yang kita harapkan dan inginkan, tidak mungkin bisa diraih kecuali dengan izin dari Allah SWT. 


Sebagaimana Firman Allah SWT yang berbunyi sbb :


وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ


*Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya* (QS  Ath-Thalaq Ayat  : 3)


Apabila kita bertawakal hanya kepada Allah dan kita serahkan semuanya kepada Allah, selanjutnya kita berusaha untuk ridha dengan ketentuan Allah SWT,  insya Allah hati kita tidak akan galau.


*_4. Mengadulah Kepada Allah SWT :_*


Disaat kita gundah-gulana, disaat kita galau, jangan sekali-kali kita mengeluh dan mengadu kepada manusia. Karena dengan mengadu kepada manusia tidak akan mengatasi masalah. Mengadulah kepada Allah SWT. Sebagaimana Nabi Ya’qub ketika sedih karena kehilangan anaknya yang bernama Nabi Yusuf ‘Alaihish Shalatu was Salam, maka beliau berkata :


إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّـهِ


*Sesungguhnya aku hanya mengadukan kesedihanku, kesusahanku, hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala* (QS. Yusuf Ayat :  86).


Maka dari itu, disaat kita ditimpa kegalauan dan gundah-gulana, segeralah kita obati dengan hal-hal seperti tersehut di atas. Dan kita berusaha untuk menjadikan hati kita tenang dan tentram dengan cara membaca Al-Qur’an dan berdzikir kepada Allah SWT. 


*Ya Allah, semoga semua umat islam di seluruh Dunia senantiasa  Engkau beri hidayah,  taufik dan ampunilah semua dosa2nya, maafkanlah semua kesalahanya, terimalah semua amal sholehnya dan jadikanlah generasi2 yg sholeh sholikah sertah masukkanlah Ke SurgaMU  tanpa HISAB dengan RAHMATMU  Aamiin YRA*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS