Ticker

6/recent/ticker-posts

OBJEK WISATA PANTAI AIR MANIS



Oleh : Eja Fatimah

Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas


Pantai air manis terletak di Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Pantai air manis adalah salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Baik itu wisatawan local maupun wisatawan mancanegara. Pantai air manis dikenal dengan adanya sebuah cerita legenda yang sangat hangat diperbincangkan dari zaman dahulu kala hingga saat ini. Cerita tersebut sama-sama kita tau yakninya ada sebuah batu yang kononya kata masyarakat disana dahulu ada seorang anak yang durhaka terhadap ibunya, lalu berubah lah anak tersebut menjadi batu. Batu tersebut seperti orang yang sedang bersujud. Sampai saat ini batu malin kundang masih ada di bibir pantai air manis tersebut.

Beranjak dari cerita si malin anak durhaka tersebut, pantai air manis adalah salah satu pantai di kota Padang yang memiliki bibir pantai yang cukup luas, sehingga para wisatawan dapat sepuasnya melakukan apapun dibibir pantai tersebut. Pasir pantai yang terbentang luas dan cukup jauh untuk menyentuh air laut sehingga banyak nya hal yang bisa dilakukan disana, seperti bermain mobil-mobilan, motor gede, becak, dan paralayang.

Kita mulai dari permainan mobil-mobil an atau yang disebut juga dengan motor gede. Motor tersebut banyak disewakan disana. Hitungan pembayarannya perjam, biayanya tergantung bagi orang yang menyewakan, ada yang diatas seratus perjam, ada juga yang di bawah seratus perjam. Tergantung dengan ramainya pengunjung pada tempat tersebut. Tidak hanya motor gede tersebut. Ada juga yang baru-baru ini yaitu seperti becak. Motor yang dibuatkan gerobak lalu dihiasi dengan lampu-lampu, kain-kain, dan juga speaker yang disediakan di bawah tempat duduk becak tersebut. Nama lain dari becak ini ada juga yang menyebutkan itu adalah odong-odong yang versi kecilnya. Sistem pembayaran becak tersebut Rp.10.000 per orangnya.

Becak dan motor gede ini dapat juga membuat para pengunjung lumayan terbantu untuk berkeliling-keliling sekitaran pantai, karena yang mana disebutkan tadi bahwa pantai air manis terbilang cukup dan sangat luas. Sehingga jika dilakukan dengan berjalan kaki akan membuat para pengunjung sangat kelelahan.

Selanjutnya kita beralih pada kuliner yang ada di sekitaran wisata pantai air manis. Kuliner disana yang sangat populer yaitu mie dan air kelapa muda. Dan juga banyak jajanan kulienr lainnya yang juga bisa kita dapatkan disana seperti, sate, soto, dan juga buahan segar yang dijual oleh para pedagang dengan motor dan gerobak yang membawa buahan segar. Jika suasana pantai sedang terik sekali, maka yang paling diuntungkan adalah pedagang yang berjualan minuman, kelapa muda, dan juga pegadang buah-buahan.

Selain permainan dan juga kulineran, disana juga tersedia banyak sekali orang yang berjualan boneka, baju, topi, dan juga mainan. Para pedagang yang berjualan baju sangat diuntungkan disini karena terkadang para pengunjung lupa atau pengunjung yang dari luar daerah tidak membawa pakaian bisa lansung membeli. Karena biasanya para pengunjung sangat tertarik untuk melakukan ritual mandi-mandi air pantai dan bermain pasir-pasiran dengan keluarga. 

Setelah nantinya bermain di bibir pantai biasanya para pengunjung mencari tempat mandi atau bisa disebut juga WC. Disana juga disediakan tempat mandi dengan pembayaran 5.000 per orang, dan jika ingin melakukan buang air kecil dikenakan pembayaran 2.000 per orang. Siapa yang tidak tertarik dan siapa juga yang tidak tau dengan tempat wisata yang bisa dibilang sangat viral ini oleh generasi milenial.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS