Ticker

6/recent/ticker-posts

Objek Wisata Geo Park Ranahminang Silokek, Sijunjung Dari Lahan Marginal Sampai Promosi Digital Kaula Pokdarwis Melenial



Oleh: Obral Chaniago*.


Potensi objek wisata alam Geo Park Ranahminang Silokek, Sijunjung menembus promosi lewat digitalisasi melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kaula milenial. 


Geo Park Silokek, kawasan alam wisata berdinding perbukitan nan hijau, bebatuan yang telah berusia ratusan tahun. 


Lahan marginal dibelah oleh sungai Silokek yang berhulu sungai dari Ombilin Sawahlunto dan sungai daerah Solok. 


Kaula muda kreatif Pokdarwis kaula milenial ambil andil gagas promosi lewat digital. 


Awak media ini saat bertandang  menjumpai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrineldi, ketika diajak bincang khusus tentang Geo Park Silokek, diruang kerjanya, Selasa 22 Juni 2021.


Kadis Parpora, Afrineldi, seperti air mengalir saat dipancing agar dapat menceritakan tentang program dan gagasan yang telah diterobos sampai saat ini. 


Ternyata, Geo Park Silokek dari tahun sebelum ini telah dipresentasikan pada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).


Bukan hanya ini saja, bahkan objek wisata telah diresponi oleh pengusaha swasta negeri sakura Jepang. 


Dengan sasaran pihak investasi swasta luar negeri pun telah siap menyangggupi menanamkan modalnya. Keuntungan yang menjadi investasi dari pasar industri pariwisata Geo Park Silokek bisa bersaing di pasar internasional. 


Nun, tergantung lagi peluang ini bisa disanggupi oleh pemilik lahan bersama tanah ulayat yang bersentuhan dengan beberapa nagari. 


Kawasan ini tak bersentuhan dengan seluas 30 hektar telah dihibahkan masyarakat untuk manajemen Geo Park Silokek. 


Artinya, seluas 30 hektar yang tak mungkin diserahkan atau dikerjasamakan dengan pihak swasta. Karena lahan wisata Geo Park Silokek seluas 30 hektar ini tempat berkiprah pada Pokdarwis yang tergabung dalam beberapa kenagarian. 


"Yang jelas," kata Afrineldi, pula. Geo Park Silokek, bukan mimpi yang telah dikenal di dunia industri pariwisata internasional. 


Tetapi, apa hendak dikata. Geo Park Silokek, setelah dikenal mendunia baik lewat dunia maya digital, maupun dikenal oleh pelaku usaha industri pariwisata nasional dan lokal. Geo Park Silokek, juga menjadi korban deraan masa pandemi covid 19.


Geo Park Silokek, sebuah lokasi yang berada dikawasan syorga pemandangan pesona alamnya. 


Perbukitan bebatuan dilapisi hutan nan hijau sedang menunggu redanya viruscorona covid 19.


Jika virus covid 19  telah hengkang di muka bumi ini, maka Geo Park Silokek, akan siap didatangi oleh pelancong wisatawan manca negara (Wisman) dan wisatawan nasional dan lokal. 


Bukan Geo Park Silokek, saja yang bisa dijual lewat pandangan mata era digital, namun khasanah budaya masyakatnya juga memperkaya destinasi ini. 


Sebut saja, perkampungan adat Sijunjung, dengan ramah menyapa dan kedatangan pengunjung. 


Dan, banyak lagi ritual budaya penduduk setempat seperti Bakaua. Bakaua budaya ritual para petani pada nagari tetangga Geo Par Silokek. 


Kesenian trandisional masyakat Sijung di masing-masing akan dapat menyuguhkan ragam kebudayaan. 


Begitu kreativitas penduduk perkampungan adat Sijunjung menyimpan pesona kerajinan sulaman. 


Kadis Parpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi, sudah beragam program yang tak terhitung lagi jika diamati. 


Hanya tergantung lagi kemauan masyarakat disekitar mau pula menawarkan jasa pesona alam yang lainnya diluar dari lahan 30 hektar telah dihibahkan para pemangku adat dari beberapa nagari. 


Mari sokong negeri ini guna memajukan program Pakdarwis yang telah digagas oleh kaula milenial lewat digigal. 


Program kerja wisata yang hanya menjual indahnya pesona alam kawasan Geo Park Silokek. 


Jika Wisman datang menyemuk maka negeri dapat meraup rezeki dari indah bumi Goe Park Silokek. Semoga saja pandemi covid 19 terhapus dari muka bumi. Geo Park Silokek siap untuk berpacu melahirkan industri wisata melalui kerjasama dari beragam travel agence. 


Jangan pisimis, yang akan mengakui cantiknya alam di negeri mu adalah para pelancong asing dan lokal. Buktikan kerja keras Pokdarwis. Ayo, generasi milenial berpacu dengan promosi di ara digital. Pandemi covid 19 bukan tak  ruang untuk berkiprah bagi Pokdariwis. 


Sekaranglah saat promosikan Geo Park Silokek. Curi star. Saat orang tertidur, anda terbang, untuk mempromosikan Geo Park Silokek. 


Negeri yang indah akan berdampak berkah bila berkiprah dengan fokus.(*).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS