Ticker

6/recent/ticker-posts

INILAH RAHASIA PEMBUATAN TAMBUNSU KHAS BUKITTINGGI



OLEH : TAZSYA PUTRI SELINDRA 

MAHASISWA JURUSAN SASTRA MINANGKABAU

UNIVERSITAS ANDALAS


Tambunsu merupakan salah satu makanan tradisional Minangkabau. Tambunsu ialah makanan yang berbahan dasar usus sapi. Biasanya tambunsu diolah menjadi masakan gulai oleh masyarakat bukittinggi. Mungkin belum banyak yang mengetahui tambunsu ini, makanan tradisional yang sering di temukan di daerah Bukittinggi Kabupaten Agam. Tambunsu ini makanan khas Bukittinggi yang sering disajikan di berbagai rumah makan, namun makanan ini jarang dimasak untuk disajikan sehari-hari oleh masyarakat setempat.


Tambunsu ini memiliki tekstur yang lembut, lunak, dan yang pasti enak. Karna terbuat dari kulit usus sapi, tahu dan telur. makanan ini juga baik dikonsumsi karena mengandung protein untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menambah energi. Tambunsu memiliki bentuk yang cukup mengejutkan bagi masyarakat yang belum pernah mencobanya. Bentuknya seperti usus panjang terurai dan juga memiliki diameter yang cukup tebal. Cara membuat tambunsu ini sangatlah mudah, bahan yang di butuhkan juga tidak banyak. 


Bahan yang harus digunakan dalam pembuatan tambunsu ini adalah usus sapi yang sudah di bersihkan, tahu sesui selera, telur ayam, santan kental, bawang merah, bawang putih, sedikit jahe, kunyit, lengkuas, cabe merah, lada, kaldu bubuk dan garam. Seluruh bumbu dihaluskan kecuali usus sapi. Setelah bumbu dihaluskan, semua bumbu diaduk menjadi satu sampai merata. Bumbu yang sudah diaduk lalu dimasukan kedalam usus sapi. Pada bagian ujung usus diikat menggunakan tali agar isi yang ada didalamnya tidak tumpah.


Setelah itu usus yang telah diisi, direbus bersama serai, bawang putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam dan kaldu bubuk. Proses rebusan tersebut berlangsung kurang lebih 30 menit sambil diaduk secara perlahan. Setelah itu tambunsu siap diolah menjadi masakan yang enak dan gurih. Hidangan tambunsu akan semakin lengkap disantap bersama nasi putih hangat serta daun singkong yang direbus dan juga sambal ijo khas Padang.


Keanekaragaman kuliner di Sumatera Barat ini khususnya Bukittinggi membuat kuliner khas Minang menyimpan potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai jasa penunjang dalam pengembangan potensi wisata kuliner. Wisata kuliner menjadi salah satu alternatif disamping pilihan jenis wisata lainnya seperti wisata budaya, wisata alam dan wisata bahari yang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS