Ticker

6/recent/ticker-posts

UNTUK MENGGAPAI KEMULIAAN ALLAH SWT, DIPERLUKAN DUA KERANGKA LANDASAN YANG KUAT... APA ITU

 


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar


*_A. Dalil Rujukan :_* 


Rasulullah SAW Bersabda Sbb :


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ


*Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda : _SEDEKAH_ tidak akan mengurangi harta. Allah pasti menambahkan kemuliaan kepada seorang hamba yang memiliki sifat _MEMAAFKAN_. Tidak ada balasan bagi seseorang yang rendah hati kepada Allah, kecuali Allah mengangkat derajatnya* (HR. Muslim No : 258)


*_B. Kandungan Hadits Tersebut Di atas :_*


1.  Sedekah Dalam Bentuk Apapun  Tidak Akan Nengurangi Hartanya,  Justru Akan Melipat Gandakan. Hal ini sesuai dengan Sabda  Rasulullah SAW di bawah ini :


عَنْ أَسْمَاءَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَنْفِقِي وَلَا تُحْصِي فَيُحْصِيَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَلَا تُوعِي فَيُوعِيَ اللَّهُ عَلَيْكِ


*Dari Asma RA, Rasulullah SAW bersabda: Bersedekahlah, jangan engkau menghitung-hitungnya, agar Allah tidak menghitung-hitung pemberian-Nya kepadamu dan janganlah engkau mengumpul-ngumpulkannya (tidak bersedekah) agar Allah tidak kikir kepadamu* (HR. Bukhari No : 2451) 


2.  Orang Yang Berkenan Memberi Maaf. Allah Akan Menambahkan Kemuliaan Baginya. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah di bawah ini :


مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُشْرَفَ لَهُ الْبُنْيَانُ ، وَتُرْفَعَ لَهُ الدَّرَجَاتُ فَلْيَعْفُ عَمَّنْ ظَلَمَهُ ، وَلْيُعْطِ مَنْ حَرَمَهُ ، وَلْيَصِلْ مَنْ قَطَعَهُ ”


*Barangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangunan di Surga, hendaknya ia memaafkan orang yang mendzaliminya, memberi orang yang bakhil kepadanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskan hubungannya*  (HR. Thabrani).


Selanjutnya Rasulullah SAW  Bersabda Sbb : 


وما زاد الله عبد بعفو إلا عزا


*Tidaklah Allah SWT menambahkan sesuatu kepada orang yang memaafkan kecuali kemuliaan*  (HR. Abu Dawud).


3.  Pemaaf Dapat Menghilangkan Rasa Permusuhan dan Memperbanyak Persahabatan. 


Sifat pemaaf akan melahirkan sifat tawaduk dan akan menghilangkan sifat sombong. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT Sbb :


خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ (١٩٩)


*Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh* (QS.  Al-A’raf Ayat : 199)


4.   Allah Akan Mengangkat Darajat  Irang-orang Yang Tawaduk. 


Tawaduk adalah sikap  rendah hati yang merupakan  sifat yang diperintahkan dalam  Islam.   Hal ini sesuai dengan Firmal Allah SWT Sbb : 


وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ


*Dan rendahkanlah dirimu kepada kaum mukminin yang mengikutimu*  (QS. Al Hijr Ayat :  88)


5. Bersedekah dan Memaafkan Orang Lain, Mendapat Ampunan Dosa dan Jaminan Surga. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT Sbb :


وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٣﴾ الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّـهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ ﴿١٣٤


*Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan* (QS.  Ali Imran Ayat : 133-134)


Berkaitan dengan Ayat tersebut, Rasulullah SAW Bersabda Sbb : 


وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ


*Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api* (HR. Ibnu Majah No. 4200)


Semoga kita senantiasa mendapat bimbingan dan hidayah Allah SWT, sehingga sikap tawadzuk  *_(PEMAAF)_*   dan murah hati *_(GEMAR  BERSEDEKAH)_* selalu bersemayam dalam sanubari dan kehidupan kita, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS