Ticker

6/recent/ticker-posts

JANGAN CEMAS DENGAN RIZKIMU, KARENA RIZKIMU TIDAK AKAN TERTUKAR


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar


*_A. Dalil Rujukan :_*


*1. Allah SWT Berfirnan  Sbb :*


وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ


*Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)*  (QS. Hud Ayat :  6)


Selanjutnya Allah SWT juga berfirman sbb : 


قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ


*Katakanlah : Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki), akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui*  (QS Saba Ayat :  36)


*2. Rasulullah SAW Bersabda Sbb :*


كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ


*Allah telah mencatat takdir setiap makhlukNya sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi* (HR. Muslim No. 2653, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash)


*_B.  Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari  Firman Allah SWT Dan Sabda Rasulullah SAW  Tersebut Di Atas Adalah :_*


1. Rezeki kita sudah diatur dan ditentukan  oleh Allah SWT. Kita wajib berikhtiar, namun tetap ketentuan rezeki kita  ada ditanganNya. Maka dari itu, kita tidak perlu cemas.


2. Ibnul Qayyim berkata :  Fokuskan Lah kamu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkan diri dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa hidup, rezeki pasti datang. Jika Allah SWT dengan hikmahNya  berkehendak menutup salah satu jalan rezeki mu, Allah SWT sudah pasti dengan rahmatNya  akan  membuka jalan rizki lain yang lebih bermanfaat bagimu.


3. Renungkan Lah keadaan janin, makanan datang kepadanya, berupa darah dari satu jalan, yaitu pusar.

Lalu ketika dia keluar dari perut ibunya dan terputus jalan rezeki itu. Allah membuka untuknya DUA JALAN REZEKI yang lain, yakni dua puting susu ibunya dan Allah mengalirkan untuknya di dua jalan itu  rezeki yang lebih baik dan lebih lezat dari rezeki yang pertama, Itulah rezeki susu murni yang lezat.


4. Lalu ketika masa menyusui habis, dan terputus dua jalan rezeki itu dengan sapihan Ibunya.  Allah membuka EMPAT JALAN REZEKI lain yang lebih sempurna dari yang sebelumnya,  yaitu dua makanan dan dua minuman. Dua makanan dari hewan dan tumbuh2an. Dan dua minuman  dari air dan susu serta segala manfaat dan kelezatan yang ditambahkan kepadanya.


5. Lalu ketika dia meninggal, terputuslah empat jalan rezeki ini. Namun Allah SWT  membuka baginya jika dia hamba yang beruntung, yakni : DELAPAN JALAN REZEKI,  itulah pintu-pintu surga yang berjumlah delapan, dia boleh masuk surga dari mana saja dia kehendaki.


6. Dan begitulah Allah SWT tidak pernah menghalangi hamba-Nya untuk mendapatkan sesuatu, kecuali Dia berikan sesuatu yang lebih afdhol dan lebih bermanfaat baginya. Dan itu tidak diberikan kepada selain orang mukmin, karenanya Dia menghalanginya dari bagian yang rendahan dan murah, dan Dia tidak rela hal tersebut untuknya. Untuk memberinya bagian yang mulia dan berharga (Al Fawaid, hal. 94, terbitan Maktabah Ar Rusyd, tahqiq: Salim bin ‘Ied Al Hilali)


7. Ingatlah, rezeki selain sudah diatur, juga sudah dibagi dengan adil. Ibnu Katsir Rahimahullah menjelaskan : Allah memberi rizki pada mereka sesuai dengan kebutuhan-Nya dan Allah selalu melihat manakah yang maslahat untuk mereka. Allah tentu yang lebih mengetahui manakah yang terbaik untuk mereka. Allah-lah yang memberikan kekayaan bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya. Dan Allah-lah yang memberikan kefakiran bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya  (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 553). 


*MASIHKAH  CEMAS DENGAN REZEKI KITA ?*


*_C. Doa Yang Perlu Dipanjatkan :_*

 

Aqulu qauli hadza, wa astaghfirullahal Adzim li wa lakum. 


ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚَ


Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik... 


*Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu*


*_D. Hal Yang Sebaiknya Selalu Diingat :_*


1. Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu  ‘Anhu mengatakan  bahwa,  Rasulullah SAW bersabda sbb :  


ﺑَﻠِّﻐُﻮﺍ ﻋَﻨِّﻰ ﻭَﻟَﻮْ ﺁﻳَﺔً


*Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat* (HR.Bukhari)


2. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu menyatakan  bahwa,  Rasulullah SAW  bersabda sbb :


ﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﻫُﺪًﻯ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍْﻷَﺟْﺮِ ﻣِﺜْﻞُ ﺃُﺟُﻮْﺭِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺃُﺟُﻮْﺭِﻫِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ، ﻭَﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺿَﻠَﺎﻟَﺔٍ ، ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺈِﺛْﻢِ ﻣِﺜْﻞُ ﺁﺛَﺎﻡِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺁﺛَﺎﻣِﻬِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ


*Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.* (HR. Muslim)


3  Dakwah di jalan Allah SWT  merupakan amal yang sangat mulia. Ketaatan yang besar dan ibadah yang tinggi kedudukannya di sisi Allah SWT, sebagaimana firmanNya di bawah ini : 


ﻭَﻟْﺘَﻜُﻦْ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺃُﻣَّﺔٌ ﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻭَﻳَﺄْﻣُﺮُﻭﻥَ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻭَﻳَﻨْﻬَﻮْﻥَ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤُﻨْﻜَﺮِۚ ﻭَﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤُﻔْﻠِﺤُﻮﻥَ


*Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang  yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.* (QS. Ali-Imran Ayat :104)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS