Ticker

6/recent/ticker-posts

Eksistensi perempuan Di Minangkabau

 


Oleh : Putri Rahayu Rahman

( Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)


   Di Minangkabau ibu sendiri dipanggil dengan sebutan mandeh, akan tetapi hal ini sekarang sudah jarang orang yang memanggil ibunya dengan sebutan mandeh tersebut. Hal ini terjadi karena pergesaran nilai budaya. Masyarakat sekarang sudah jarang melakukan panggilan ini. Tetapi hal ini tentu tidak mengurangi peran ibu di Minangkabau.

   Perempuan adalah ibu kita, kita lahir dari rahim perempuan maka tentu kita harus menghormati hak-hak perempuan. Tindakan kelemahan terhadap perempuan tidak perlu dilakukan karena itu adalah tindakan yang salah, didalam karya sastra dan kenyataan sering terlihat penganiayaan terhadap kaum perempuan. Perempuan sekarang sudah bergeser karena tidak setiap perempuan menjadi pemimpin dalam sebuah rumah tangga adanya kepentingan serta arogansi pihak yang kuat membuat perempuan seakan berada di bawah menjadi penghambat tersendiri bagi perempuan itu untuk berkembang.

     Tentu hal ini tidak jarang terlihat dari sebuah karya sastra yang mana perempuan itu berada satu level di bawah laki-laki, hal ini tentu tidak baik karena di Indonesia perempuan sudah dihormati karena ada hari kartini dam sebagainya. Di Minangkabau sendiri perempuan begitu dihormati karena Minangkabau menggunakan sistem matrilineal hak perempuan lebih  dihargai dan dihormati oleh khalayak. Hak perempuan ketika direndahkan itu perlu diperhatikan agar tetap bisa menjadi perempuan yang lebih seutuhnya. Hak perempuan tentu perlu diperhatikan dan tidak boleh menghilangkan hak-hak perempuan agar sama seperti laki-laki. Perempuan juga dijunjung tinggi karena kita dilahirkan dari rahim perempuan. Agama Islam juga menempatkan Ibu di posisi yang paling mulia. Bahkan anak diwajibkan lebih dulu hormat kepada ibu sebelum kepada ayahnya.

Perempuan diminangkabau juga sering di sebut bundo kanduang yaitu perempuan yang diberi kehormatan dan keutamaan menurut adat.

Laki-laki sering kali menganggap perempuan tidak bisa menjadi pemimpin hanya bisa untuk mengurus rumah dan anak, padahal bisa kita lihat dari RA kartini dikenal sebagai pahlawan nasional Indonesia yang memperjuangkan emansipasi wanita. Pada zaman sekarang tidak hanya laki-laki yang bisa menjadi pemimpin tapi perempuan sudah banyak menjadi pemimpin. Perempuan senantiasa ada di barisan paling depan untuk memastikan urusan hidup keluarga. Perempuan juga tidak hanya mengurusi diri mereka sendiri tapi juga rumah tangga. jujunglah tinggi perempuan lindungilah dan hormati karena kalau tidak ada perempuan kita pasti tidak ada didunia ini. Hak-hak perempuan haris ditegakan karna perempuan bukan benda mati.

Sebuah gurindam indah Minangkabau menggambarkan posisi, peran dan fungsi perempuan secara elok dan holistik.

"Limpapeh rumah nan gadang. Amban puruak pegangan kunci. Amban puruak aluang bunian. Pusek Jalo kumpulan tali. Hiasan dalam nagari”

Bundo Kanduang adalah limpapeh rumah gadang atau penyangga rumah gadang. Rumah gadang, rumah keluarga. Perempuan adalah tiang penyangga suatu rumah. Maka, perempuan memegang posisi sentral dan strategis dalam keluarga dan masyarakat.

Masalah perempuan yang di pandang lemah dan tidak bisa punya cita-cita, mungkin ini di karenakan oleh adat terdahulu yang mengharuskan perempuan itu tidak boleh berkeliaran, mereka hanya boleh keluar jika memang perlu kalau tidak ada perlu mereka cukup di rumah menjaga rumah.

Namun berbeda dengan sekarang, sekarang perempuan sadar akan kemampuan mereka yang juga bisa setara dengan laki-laki sehinga banyak perubahan yang terjadi dalam kedudukan perempuan pada zaman sekarang. Teori yang cocok untuk mengupas karya sastra yang berhubungan dengan karya sastra adalah feminisme. Teori Feminisme yaitu teori yang berangkat dari perempuan-perempuan serta peran perempuan.Teori feminisme merupakan teori sebagai upaya atas kritikan terhadap studi laki-laki untuk mentransformasikan tekanan struktural, dimulai dari pengalaman tekanan sebagai perempuan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS