Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA PULAU MANDEH, SURGANYA PESISIR SELATAN



Oleh; Suci Mulia 

Mahasiswi Universitas Andalas

Wisata pulau adalah salah satu pilihan yang menjadi objek favorit bagi keluarga ataupun bersama orang terkasih. Banyak orang yang berlibur untuk memanjakan diri ke sebuah pulau, alasanya yaitu pulau memiliki banyak sekali keseruan. Selain untuk memanjakan diri juga dapat berkreasi dan menjadikan hubungan lebih dekat satu sama lain. Kawasan Teluk Mandeh atau Taman Nasional Laut Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, memiliki jarak tempuh 56kilometer dari kota Padang, sekitar satu setengah jam perjalanan menggunakan transportasi darat. Kawasan Teluk Mandeh memiliki yang laut tenang dan indah karena berada di kawasan teluk.

Kawasan mandeh memiliki banyak pulau yang indah dan mempunyai daya tariknya sendiri. Pulau-pulau yang terkenal diantaranya adalah pulau Taraju, pulai Setan/Sutan, pulau Sironjong besar, pulau Sironjong kecil, pulau Marak, pulau Kapo-kapo, dan pulau Cubadak. Namun selain terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya, sungai yang berada di kawasan Mandeh yaitu sungai Nyalo atau dikenal juga dengan nama sungai Gumuruh tidak kalah menarik, karena banyak dari para wisatawa yang datang dan mengunjunginya untuk bersenang-senang dan menikmati liburannya.

Melihat anugerah yang diberikan oleh Tuhan, kawasan Mandeh sangat populer dan memiliki banyak pengemarnya. Oleh karena itu banyak dari masyarakat untuk membuat terobosan bisnis kecil-kecilan dibidang kepariwisataan ini. Banyak membuka toko baju pantai, sovenir, dan perlengkapan lainnya. Selain itu para pelaku bisnis juga berlomba-lomba untuk membuka tour wisata pulau, banyak jenis paket wisata yang ditawarkan. Home stay pun juga banyak dihadirkan sebagai tempat peristihatan oleh para wisatawan.

Tour pariwisata adalah bisnis yang sangat menjanjikan melihat antusias para wisatawan, namun pada saat ini penawaran yang dihadirkan seperti tidak berjalan mulus. Kenapa tidak, karena setiap para pelaku tour hanya menawarkan di jalanan. Tidak melakukan kerjasama antar perusahaan lain. Mereka hanya menawarkan beberapa browser kepada mobil-mobil yang masuk kedaerah menuju Teluk Mandeh, sedangkan di jalanan tersebut beberapa tour berkumpul di sana melakukan penawaran. Jelas cara tersebut sangat tidak efektif apalagi untuk bersaing seperti itu. Jika untuk melakukan suatu trobosan bisnis di bidang kepariwisataan hal yang harus dilakukan menurut konsep dan fungsi manajemen kepariwisataan diantaranya;

1. Perencanaan 

Berawal dari pemikiran tentang apa yang harus dilakukan, pastinya melakukan perencanaan harus mengarah pada target dan tujuan yang ingin dicapai.

Teluk Mandeh salah satu sektor kepariwisataan yang memiliki peluang dan berpotensi untuk berkembang dan populer jika terorganisir dengan baik. Untuk melakukan bisnis kepariwisataan dibidang jasa seperti tour wisata memrlukan perencanaan yang sangat matang. Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih apa saja yang akan ditawarkan, seperti membuat beberapa paket pariwisataan yang memiliki beberapa tingkatan harga. Setelah itu melakukan beberapa penarik, misalnya di bagian fasilitas yang lengkap dan daya tarik lainnya.

2. Pengorganisasian

Fungsi ini membagi satu bagian ke dalam bagian yang lebih sederhana sesuai perencanaan. Siapa dan apa saja yang dibutuhkan haruss di organisasikan dengan baik. Dalam hal ini harus ada penangung jawab untuk pengawasan.

Pada langkah pengorganisasikan ini, melakukan hubungan kerjasama dari beberapa perusahaan yang berkaitan dengan perencanaan awal. Seperti melakukan hubungan kerjasama dengan pihak tour travel, dan tempat penginapan. Karna jika melakukan kerjasama dengan beberapa tour travel memberika peluang untuk menawarkan secara esklusif dari paket wisata yang sudah berikan, terlebih tingkat persaingan juga tidak berhalangan karena dari pihak tour travel tentunya sudah memberikan penawaran dari awal.

3. Pengarahan

Agar semua kegiatan bisa terlaksana oleh anggota kelompok atau instans, maka perlu adanya pengarahan,

Adanya beberapa penanggung jawab dari beberapa divisi dari bisnis pariwisata ini agar berjalan dengan baik. Di bidang promotor penanggung jawab harus melakukan strategi pemasaran baik, dan juga melakukan pengarahan pada staf-staf yang tergabung dalam usaha tersebut.

4. Controlling

Controlling adalah pengendalian, maksudnya agar semua berjalan dengan semestinya maka diperlukan pengendalian yang benar dalam mencapai target sasaran.

Untuk mengendalikan bisnis ini tentu dengan cara menentukan target pemasarannya tersediri, siapa saja yang menjadi target pemasarannya. Seperti untuk wisata pulau ini tentu yang menjadi target marrketnya adalah para pendatang yang ingin berlibur.


Konsep kepariwisataan ini dapat mengembangkan suatu objek pariwisata kawasan Mandeh dibidang tour pariwisata. Jika direncanakan secara baik, akan berjalan lama dan populer. Kawasan Mandeh menawarkan pulau-pulau yang indah kepada para wisatawan. Melakukan kerja sama dengan tour travel dan membuka penawaran secara online ataupun ofline, dan menyiapkan beberapa tempat penginapan. Tidak lupa juga dengan memberikan penawaran yang menarik, seperti mengadakan kegiatan dipulau misalnya kemah, piknik, menyelam dan sebagainya. Selain penawaran di atas hal yang menarik juga dapat dilakukan seperti memberikan kenang-kenangan kepada para wisatawan atau juga dengan menghadirkan jasa photographer untk mengabadikan setiap momen. Melihat zaman sekarang, berfoto-ria menjadi salah satu hobi yang penting bagi kita sebagai makhluk sosial. Apalagi dengan berfoto bersama keluarga ditempat liburan, pasti akan menjadi kenang-kenangan yang sangat berkesan bagi setiap orang.  Dengan adanya penawaran seperti itu memiliki kemungkinan sebagai penarik bagi para wisatawan, karena jika berfoto hanya menggunakan hasilnya tidak begitu memuaskan dan maksimal untuk dibagikan di media sosial ataupun untuk dicetak sebagai pajangan. Jika sudah memiliki strategi yang terorganisir, besar kemungkinan memiliki capaian yang sempurana.

RENCANA PENGEMBANGAN PRODUK BARU WISATA 

“KEMASAN SALA BADA SEBAGAI OLEH-OLEH WISATAWAN”


Saat ini wisata adalah salah satu tempat yang menguntungkan bagi masyarakat, karena dapat meningkatkan perekonomian dalam lingkungan tersebut. Objek wisata memiliki ragam keindahan mulai dari dataran rendah maupun dataran tinggi, tidak terkecuali di daerah pesisir pantai. Pantai sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata, banyak keindahan dalam laut untuk dieksplor dan keindahan luar pantainya untuk berliburan. Tidak heran objek wisata pantai memiliki perkembangan yang sangat pesat dan bertahan hingga lagi, sehingga dapat eksis hingga saat ini. Seperti daerah kota Bali, banyak sekali wisata pantai yang menjadi daya tarik para wisata luar negri untuk menikmati keindahan pantai Bali, sehingga tidak dapat dipungkiri hingga saat ini pantai bali selalu berkembang pesat, dan pastinya sangat berdampak baik bagi perekonomian masyarakatnya.

Kawasan Teluk Mandeh merupakan daerah yang memiliki pantai yang eksotis berlokasi di kecamatan Koto XI Tarusan, kabupatten Pesisir Selatan. Wisata Teluk Mandeh juga tidak kalah cantik dari wisata pantai yang tersebar di Indonesia. Para wisatawan yang mengunjungi dan menikmati keindahan pulau-pulaunya tidak hanya berasal dari dalam negeri saja dan bahkan juga pernah dikunjungi oleh keluarga artis papan atas dari Indonesia. Kawasan mandeh memiliki banyak pilihan tour wisata yang bisa menjadi pilihan bagi para wisatan sesuai dengan keinginan mereka. Melihat antusiasnya para pengunjung yang berasal dari beberapa daerah, tentu juga menjadi peluang bisnis bagi masyarakat sekitar. Banyak jenis bisnis kecil-kecilan yang dibuka di sekitaran pelabuhan untuk menarik para wisatawan. Namun sejauh ini makanan tradisional belum terlihat dipasarkan kepada para wisatawan. Untuk itu produk terbaru yang juga menjadi kebutuhan oleh para wisatawan adalah oleh-oleh seperti makan yang berasal dari daerah wisata itu tersebut.

Sala bada adalah salah satu cemilan yang digoreng dan berbahan dasar dari tepung beras dan beberapa rempah makanan lainnya. Sala bada memiliki perbedaan dari gorengan lainnya adalah ikan bada yang juga menjadi bahan utama dari sala bada ini. Karena tanpa ikan bada, sala bada tidak akan dikenal sebagai sala bada. Selain dari rasanya yang enak, sala bada memiliki keamanan kesehatan karena proses pembuatannya yang tidak menggunakan pengawet makanan sehingga dapat di nikmati oleh semua kalangan. Ikan bada yang didapatkan secara fresh menambah nilai plus dari sala bada ini juga ada irisan sayuran sehingga membuatnya untuk tidak membosankan. Karena memiliki kompenen ikan di dalamnya menjadikan sala bada ini salah satu makanan khas atau oleh-oleh khas dari tempat wisata Mandeh ini.


“Langkah-langkah manajemen kepariwisataan”


1. Perencanaan ; perencanaan adalah langkah awal untuk memulai suatu bisnis, agar tersusun dengan baik. Pertama menginovasi sala bada sebagai produk oleh-oleh khas agar dapat dikemas secara modern dan terlihat elegan. Selain itu bagaimana cara membuat produk sala bada ini memiliki masa kadaluarsa jangka panjang.

2. Pengorganisasi ; ini adalah langkah selanjutnya, membuat organisasi yang memiliki tanggung jawabnya. Membuat bagian produksi, pengemasan, dan pemasaran sehinga terorganisir dengan baik. 

3. Pengarahan ; nah ini menjadi yang terpenting dalam berbisnis, bagaimana mengarahkan yang terlibat dalam bisnis ini, itu sekitar strategi pemasaran, keuangan (pengeluaran-pemasukan) juga kedisplinan.

4. Controlling ; jika sudah terealisasi perlu mengkontrol bagian tugas para yang terkait yang sudah menjadi tanggung jawabnnya sendiri dan selalu berkerjasama dalam memajukan produk.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS