Ticker

6/recent/ticker-posts

TELABANG SAKTI KUNANGAN PARIT RANTANG



Oleh : Yusri muliana, Mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas

Setiap daerah memiliki destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi daerah tersebut. Objek wisata itu sendiri berbagai macam, ada yang berupa wahana permainan dan ada juga yang berupa tempat pemandian. Dengan adanya objek wisata di suatu daerah juga bisa menghasilkan pemasukan bagi daerah tersebut. 

Di Sijunjung tepatnya di Kenagarian Parit Rantang kecamatan Kamang Baru ada sebuah tempat wisata yang disebut dengan Telabang Sakti. Objek wisata ini berupa tempat pemandian yang juga dilengkapi dengan wahana air dan berbagai macam outbound yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Permainan ini sangat bagus untuk anak-anak karena dapat memicu adrenalin mereka. 

Objek wisata ini sudah berdiri sejak tahun 90-an yang di kelola oleh Datuak Abu. Dahulunya wisata ini hanya berupa kolam pemandian. Namun, sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung, seperti tempat parkir yang luas, kamar bilas, tempat karaoke, penginapan dan lain sebagainya. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dihari libur. Karena tempat nya yang strategis dan juga terjangkau, hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari terminal kiliran Jao. 

Pengelolaan objek wisata ini sudah terbilang bagus, karena terlihat dari fasilitas yang diberikan yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Para orangtua juga tidak akan khawatir dengan anaknya karena tempat ini bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk anak-anak disediakan kolam kecil dan ditambah dengan ember tumpah dan juga seluncuran yang membuat anak-anak betah berada disini. Selain itu bagi pengunjung yang datang dari luar juga tidak perlu susah-susah lagi mencari penginapan karena disini sudah tersedia.

Untuk pengawasan disini juga sudah sangat bagus, karena ramah lingkungan. Seperti yang diketahui lokasi wisata ini yang berada disekitar perkebunan sawit, namun tidak perlu khawatir dengan adanya kasus kejahatan, karena disini penjagaan nya sangat ketat, bila ketahuan ada yang berbuat tidak baik maka akan dikenai sanksi dan hukuman yang akan membuat si pelaku jera. 

Selain menikmati waktu santai, disini pengunjung juga bisa mengadakan rapat ataupun acara pertemuan, karena disini juga disediakan aula pertemuan, yang bisa digunakan baik oleh pemerintah maupun swasta. Dan juga disini disediakan tempat karaoke yang membuat pengunjung sangat betah berada disini.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS