Ticker

6/recent/ticker-posts

WISATA ALAM DAERAH




Berwisata sendiri adalah kegiatan yang disukai semua orang dan tak sedikit pula ada yang menganggap kalau berwisata adalah hal yang wajib untuk di lakukan di sela-sela rehat dari kesibukan. Wisata alam daerah seperti pegunungan,bukit, tempat pemandian alam, air terjun, hingga hutan terbukti mampu untuk menciptakan pikiran yang lebih segar dan positif sehingga sangat bermanfaat bagi fisik dan psikis. Wisata alam daerah juga dinilai lebih efektif di tengah-tengah  pandemi covid-19, dari pada mengunjungi destinasi  wisata luar daerah. Sumatera Barat contohnya, memilki berbagai daerah yang mempunyai pemandangan alam yang indah dan wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun kebanyakan dari destinasi wisata di daerah ini masih memiliki kekurangan dalam segi fasilitas, sehingga wisata alam ini hanya bisa di nikmati oleh masyarakat sekitar daerah itu sendiri.

Pemandian alami yang eksotis Lubuak Bonta, di korong Tarok, Kenagaraian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutanam ini contohnya. Objek wisata yang sudah lama ini, bahkan di era 70-80an sekarang menjadi populer lagi di kalangan masyarakat maupun di sosial media seperti Instagram atau Facebook. Keindahan panorama alam pemandian Lubuak Bonta ini terletak pada air terjun dan lubuak yang memberikan pemandangan air yang berwarna hijau dan kebiru-biruan. Air nya yang jernih dan udaranya yang sejuk terletak di pinggang Gunung Tandikek.

Namun saangat di sayangkan fasilitas di Lubuah Bonta masih jauh dari kata lengkap. Dulu sempat ada fasilitas untuk tempat kamar mandi mengganti baju, namun karena tidak ada yang menjaga kebersihan kamar mandi jadi terbengkalai dan rusak. Untuk masuk ke wisata ini juga tidak di pungut biaya apapun selain tempat parkir yang di jaga oleh pemuda setempat. Tidak ada warung  penjual makanan ataupun perlengkapan untuk mandi menjadikan wisatawan harus mempersiapkan nya sendiri dari rumah. Hal ini sangat disayangkan, seharusnya tempat wisata ini bisa di kembangkan untuk dibuka untuk masyarakat ramai. Dalam fungsi manajemen wisata tahap awal yang merupakan tahap perencanaan, seharusnya ini juga bisa membuka lapangan perkerjaan baru untuk jasa-jasa yang menyediakan perjalanan ke Lubuak Bonta dan membuka tempat makan serta tempat seorang wisatawan dapat berbelanja keperluan oleh-oleh dan barang yang dapat di jadikan kenangan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS