Ticker

6/recent/ticker-posts

OBJEK WISATA PANTAI PADANG



Oleh Nadia Pertiwi

Mahasiswa jurusan Sastra Daerah Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas


Pantai Padang atau yang biasa dikenal dengan sebutan Taplau ini terletak di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Taplau merupakan singkatan dari tapi lauik yang berarti tepi laut. Berbeda dengan dahulu sekarang Pantai Padang sangat jauh sekali perkembangan pembangunannya. Sekarang Pantai Padang semakin dipercantik dan dibangun semenarik mungkin Yang tentunya bertujuan untuk menarik wisatawan agar berkunjung atau berwisata ke Pantai Padang ini. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Pantai Padang ini maka perekonomian masyarakat sekitarnya pun juga akan meningkat. Sebab banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidup mereka dengan cara berjualan atau berdagang di tepian pantai ini. Saat berkunjung ke Pantai Padang ini tidak akan nikmat jika tidak mencoba kulineran nya yang khas yaitu langkitang cucuik, pensi, karupuk kuah dan soto ceker dan masih banyak jajanan lainnya. Disepanjang jalan banyak sekali pedagang yang menjualnya. Sembari menikmati keindahan laut wisatawan juga dapat menikmati kuliner yang enak dengan harga yang terjangkau.  

Pantai Padang bisa dikatakan sebagai salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar daerah kota Padang. Banyak sekali pengunjung dari berbagai kalangan yang berwisata kesini baik anak-anak, remaja, dewasa hingga para orang tua. Untuk anak-anak wisata ini sangat cocok bagi mereka.  Anak-anak bisa bermain pasir dan ombak laut selain itu mereka juga dapat menyewa mobil-mobilan dan membeli bermacam mainan disini seperti layangan,balon dan masih banyak lagi mainan anak-anak lainnya.  Untuk anak-anak muda banyak sekali yang berkunjung kesini untuk melihat keindahan matahari terbenam (sunset) dipantai Padang ini.  Untuk anak muda yang modern dan kekinian mereka lebih senang duduk-duduk di cafe sekitaran tepi jalan Pantai Padang ini. Yang mana mereka dapat mebikmati keindahan sunset dari ketinggian lantai atas cafe. Dan untuk para orang tua.  Kebanyakan mereka membawa anak-anak mereka bermain ke Pantai Padang ini saat hari liburan. Tidak hanya sore dan malam hari saja.  Dipagi hari pun Pantai Padang juga banyak dikunjungi sebagai tempat berolahraga.  

Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di Pantai Padang ini adalah keindahan bangunan Masjidnya yang bergaya seperti Taj mahal yaitu Masjid Al-Hakim.  Yang merupakan tempat bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah sholat.  Masjid Al-Hakim pada saat ini juga sedang marak dikunjungi oleh para pengunjung. Masjid ini juga disebut sebagai ikon wisata halal di Sumbar. Banyak pengunjung yang mengabadikan tempat ini dengan berfoto-foto dan mengambil video. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan objek wisata di Sumatra Barat.  Oleh karena itu kita sebagai masyarakat yang baik harus bisa menjaga,merawat, dan melestarikan wisata Pantai Padang ini agar tetap eksis dan banyak dikunjungi. salah satu cara untuk menjaganya yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan Pantai.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS