Ticker

6/recent/ticker-posts

MERENUNGI SUBSTANSI PERUBAHAN USIA DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN*


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar


*1.  Genggaman Tangan Manusia Semakin Lemah Seiring Dengan  Bertambahnya Usia  :*


Al Quran Mengatakan, bahwa : 


{مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ إِلا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (16) }


*Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna, dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak mem­peroleh di akhirat kecuali neraka, dan _LENYAPLAH_ di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan* (QS. Hud Ayat : 15 - 16)


Ayat tersebut di atas,  menunjukkan bahwa, Allah SWT sedang mendidik kita agar sedikit demi sedikit  *_melepaskan cinta kita terhadap dunia_* dan mulailah berikhtiar  menggapai cinta kita terhadap akhirat.


*2. Penglihatan Mamusia Semakin Kabur Seiring Dengan Bertambahnya Usia :* 


Al Qur'an Mengatakan, bahwa  :


وَمَنْ كَانَ فِي هَٰذِهِ أَعْمَىٰ فَهُوَ فِي الْآخِرَةِ أَعْمَىٰ وَأَضَلُّ سَبِيلًا


*Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, _NISCAYA DI AKHIRAT (NANTI) IA AKAN LEBIH BUTA (PULA)_   dan lebih tersesat dari jalan (yang benar)* (QS. Al Isra' Ayat : 72)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT  sedang mencerahkan mata hati kita untuk mengurangi penglihatan kita kepada dunia_* dan selanjutnya mulailah lebih fokus kepada kehidupan  Akhirat.


*3. Perasaan Mamusia Semakin Sensitif Seiring Dengan Bertambahnya Usia :*  


Al Qur'an Mengatakan, bahwa  :


۞ وَمَنْ يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ ۗ وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ


*Dan barangsiapa yang *_MENYERAHKAN DIRINYA KEPADA ALLAH_, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan*  (QS.  Al Luknan Ayat : 22)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT  sedang mengajarkan kepada kita bahwa  pautan hati kita  dengan manusia  menjadi semakin hampa_*, namun sebaliknya *_hati kita harus sudah mulai  berpaut kepada Allah SWT_* yang tidak akan pernah mengecewakan kita.


*4. Gigi Manusia Mulai Berguguran Seiring Dengan Bertambahnya Usia :* 


Al Qur'an Mengatakan, bahwa :


وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ


*_SESUATU YANG BERNYAWA TIDAK AKAN MATI (GUGUR) MELAINKAN DENGAN IZIN ALLAH_, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur* (QS. Ali Imran Ayat : 145)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT  sedang mengajarkan kepada kita bahwa suatu hari kita akan akan mati (gugur)_* menghadap Allahurabbi yg keselamatannya sangat tergantung kepada amal dan perbuatan kita semasa hidup di dunia, untuk itu segeralah sadar dan bertaubat.


*5. Tulang dan Sendi Mamusia Semakin  Rapuh Seiring Dengan Bertambahnya Usia :* 


Al Qur'an Mengatakan, bahwa :


أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا


*Di mana saja kamu berada, _KEMATIAN AKAN MENDATKAN KAMU_ , kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: Ini adalah dari sisi Allah, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad). Katakanlah : Semuanya (datang) dari sisi Allah. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun* (QS. An Nisa' Ayat : 78)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT sedang mengajarkan kepada kita bahwa tak lama lagi nyawanya kita akan di ambil_*,  untuk itu segeralah berbenah membekali diri dengan beribadah semaksimal mungkin dan tinggalkan segala sesuatu yg berbau dosa.


*6. Rambut Manusia Semakin Putih Seiring Dengan Bertambahnya Usia :* 


Al Qur'an Mengatakan, bahwa  :


كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ


*_TIAP-TIAP YANG BERJIWA AKAN MERASAKAN MATI_. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan* (QS. Ali Imran Ayat : 185)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT sedang mengajarkan kepada kita bahwa sebentar lagi kain kafan yg berwarna putih itu akan nembungkus kita_*, sehingga segeralah kita sadar bahwa kehidupan di dunia itu merupakan kesenangan yg memperdaya dan di akhiratlah yg sebebar-benarnya kehidupan yg Allah janjikan.  


*7. Manusia Semakin Suka Menyepi Dan Menyendiri Seiring Dengan Bertambahnya Usia :* 


Al Qur'an Mengatakan, bahwa :


وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ


*_DAN TIDAKLAH KEHIDUPAN DUNIA INI, SELAIN DARI MAIN-MAIN DAN SENDA GURAU BELAKA_ .  Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?* (QS. Al An'am Ayat : 32)


Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa,  *_Allah SWT sedang mengajarkan kepada kita bahwa kita secara berangsur-angsur segera melepaskan diri dari  cinta manusia dan cinta dunia_*, karena kehidupan dunia hanya sekedar main-main dan senda gurau belaka, kehidupan di akhiratlah yang kekal dan abadi.


Disadari atau tidak, sang waktu terus berjalan  meninggal masa lalu.

Mau atau tidak mau, semua pasti akan *_MATI_*.


Lalu...... Bekal apa yg akan kita bawa, waktu  menghadap Sang Maha Pencipta, yakni  Allah SWT.


Semoga kita  bisa istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Allah dan diberi kekuatan untuk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. 


*Robbana Taqobbal Minna* (Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin YRA


*_Selamat BERSADAR DIRI, semoga Allah menerima amal ibadah kita Aamiin_*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS