Ticker

6/recent/ticker-posts

MENYATULAH DENGAN NYA NISCAYA KEHENDAKMU AKAN MENJADI KEHENDAK NYA*




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                           

 

 بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ 

 

               

*_A. Hadits Rujukan :_*


*1. Diriwayatkan oleh  Abdullah Bin Abbas :*


Suatu hari aku ikut di belakang Rasulullah صلى الله عليه وسلم kemudian Beliau bersabda sbb :


عبْد الله بن عَبّاسٍ -رَضِي اللهُ عَنْهُما- قالَ: كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يَوْمًا، فَقَالَ: ((يَا غُلاَمُ، إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ؛ احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ الأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ))


*Sesungguhnya aku ingin mengajarkan kepadamu beberapa pesan: (a) Jagalah الله, maka الله akan menjagamu. Jika kau selalu menjaga الله,  maka kau akan tenang;  (b) Jika kau minta tolong, mintalah pada الله jangan pada makhluk, dengan cara berdo'a; (c) Seandainya semua manusia  sepakat untuk memberi manfaat padamu,  maka tak akan terjadi, tanpa izin الله;  dan seandainya semua manusia untuk menimpakan bahaya padamu maka tak akan terjadi tanpa izin الله*  (HR. Abdullah Bin Abbas)


*2. Diriwayatkan Oleh Abu Hurairah  :*


Rasulullah SAW bersabda sbb :


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِى ، فَإِنْ ذَكَرَنِى فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى ، وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا ، وَإِنْ أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً »


*Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah  Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda :  Allah Ta’ala berfirman: _AKU SESUAI DENGAN PRASANGKA HAMBAKU DAN AKU BERSAMANYA KETIKA IA MENGINGATKU_ :  (a) Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku; (b) Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat); (c)  Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekat kepadanya sehasta; (d) Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku akan mendekat kepadanya sedepa; dan (e) Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat* (HR. Bukhari No. 6970 dan Muslim No. 2675).


*_B. Pesan Yang Dapat Dipetik Adalah :_*


1. Allah adalah maha dalam segala hal. Sehingga Allah pasti akan mengabulkan semua yang diminta oleh umatNya, asal ia meminta dengan ikhlas dan sungguh2.  Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT betikut ini :


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ


*Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. _AKU MENGABULKAN PERMOHONAN ORANG YANG BERDOA APABILA IA MEMOHON KEPADA KU_. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran* (QS. Al Baqarah Ayat : 186)


2. Semua peristiwa yang terjadi di muka bumi ini adalah merupakan kehendakNya. Untuk itu, bermohon dan bermunajadlah kepada Nya karena segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah milikNya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT   berikut ini : 


لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ


*Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi* (QS.  Al-Baqarah Ayat : 107)


3. Allah sangat mencintai umatNya yang bersabar, dan berserah diri. Untuk itu kewajiban kita hanyalah berikhtiar, sedangkan hasil kita serahkan semua kepadaNya dengan penuh kesabaran dan ketawakalan. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini : 


وَٱلَّذِينَ صَبَرُوا۟ ٱبْتِغَآءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِٱلْحَسَنَةِ ٱلسَّيِّئَةَ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ عُقْبَى ٱلدَّارِ


*Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)* (QS. Ar Ra'd Ayat : 22)


*Wallahu a’lam bish shawab*


*Semoga renungan fajar ini bisa memberi manfaat untuk kita semua.*


*Aamiin Yaa Robbal A'lamin.*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS