Ticker

6/recent/ticker-posts

HISABLAH DIRIMU SEBELUM ALLAH SWT MENGHISABMU !!!




Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI 



Begitulah kira-kira inti pesan yang disampaikan Sahabat Rasulullah SAW yang  bernama Umar bin Khatab RA. Secara singkat  pesan beliau tersebut seperti di bawah ini : 


*Ų­َŲ§Ų³ِŲØُŁˆŲ§ Ų£َŁ†ْŁُŲ³َŁƒُŁ…ْ Ł‚َŲØْŁ„َ Ų£َŁ†ْ ŲŖُŲ­َŲ§Ų³َŲØُŁˆŲ§، ŁˆَŲ²ِŁ†ُŁˆŲ§ Ų£َŁ†ْŁُŲ³َŁƒُŁ…ْ Ł‚َŲØْŁ„َ Ų£َŁ†ْ ŲŖُŁˆŲ²َŁ†ُŁˆŲ§، ŁَŲ„ِŁ†َّŁ‡ُ Ų£َŁ‡ْŁˆَŁ†ُ ŁِŁŠ Ų§Ł„ْŲ­ِŲ³َŲ§ŲØِ ŲŗَŲÆًŲ§ Ų£َŁ†ْ ŲŖُŲ­َŲ§Ų³ِŲØُŁˆŲ§ Ų£َŁ†ْŁُŲ³َŁƒُŁ…ُ Ų§Ł„ْŁŠَŁˆْŁ…َ*


*Hisab Lah diri kalian sebelum kalian dihisab, timbang lah diri kalian sebelum (amal) kalian ditimbang, karena lebih ringan bagi kalian tatkala kalian dihisab kelak, jika kalian sudah menghisab diri kalian pada saat sekarang*


Seorang mukmin mengetahui bahwasanya kehidupan dunia ini diciptakan untuk diisi dengan ketaatan dan  mentauhidkan Allah SWT. Kemudian mewujudkan semuanya itu dalam bentuk peribadatan kepada Nya. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat berikut ini :


*ŁˆَŁ…َŲ§ Ų®َŁ„َŁ‚ْŲŖُ Ų§Ł„ْŲ¬ِŁ†َّ ŁˆَŲ§Ł„Ų„Ł†ْŲ³َ Ų„ِŁ„Ų§ Ł„ِŁŠَŲ¹ْŲØُŲÆُŁˆŁ†ِ (Ł„Ł¦)*


*Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku*

 (QS. Adz Dzariyaat  Ayat :  56).


Selanjutjya,  Ibnu Umar RA berkata, bahwa  : Rasulullah SAW  memegang pundak ku lalu bersabda sbb :


*ŁƒُŁ†ْ ŁِŁŠ Ų§Ł„ŲÆُّŁ†ْŁŠَŲ§ ŁƒَŲ£َŁ†َّŁƒَ ŲŗَŲ±ِŁŠْŲØٌ Ų£َŁˆْ Ų¹َŲ§ŲØِŲ±ُ Ų§Ł„Ų³َّŲØِŁŠْŁ„ِ*


*Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau musafir yang numpang lewat*.  Kemudian Rasulullah SAW, juga bersabda sbb : 


*Ų„ِŲ°َŲ§ Ų£َŁ…ْŲ³َŁŠْŲŖَ ŁَŁ„َŲ§ ŲŖَŁ†ْŲŖَŲøِŲ±ْ Ų§Ł„ŲµَّŲØَŲ§Ų­َ ŁˆَŲ„ِŲ°َŲ§ Ų£َŲµْŲØَŲ­ْŲŖَ ŁَŁ„َŲ§ ŲŖَŁ†ْŲŖَŲøِŲ±ْ Ų§Ł„ْŁ…َŲ³َŲ§Ų”َ ŁˆَŲ®ُŲ°ْ Ł…ِŁ†ْ ŲµِŲ­َّŲŖِŁƒَ Ł„ِŁ…َŲ±َŲ¶ِŁƒَ ŁˆَŁ…ِŁ†ْ Ų­َŁŠَŲ§ŲŖِŁƒَ Ł„ِŁ…َŁˆْŲŖِŁƒَ*


*Jika telah sore maka janganlah engkau menunggu pagi, dan jika telah pagi maka janganlah engkau menunggu sore, manfaatkanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, dan manfaatkan kehidupanmu sebelum tiba kematianmu* (HR.  Al-Bukhari).


Oleh karena itu,  *_wajib bagi kita dengan bertambahnya umur bertambah pula ketaatan dan perbuatan kebajikannya_*. Hal itu bisa kita lakukan dengan  mengisi tahun-tahun yang kita lewati secara terus-menerus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda  Rasulullah SAW  berikut ini  :


*Ų®َŁŠْŲ±ُŁƒُŁ…ْ Ł…َŁ†ْ Ų·َŲ§Ł„َ Ų¹ُŁ…ْŲ±ُŁ‡ُ ŁˆَŲ­َŲ³ُŁ†َ Ų¹َŁ…َŁ„ُŁ‡*


*Sebaik-baik kalian adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya* (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).


Diantara kedzaliman yang sangat jelas serta kerugian yang sangat besar adalah *_Allah  menganugerahi kepada seseorang usia, lalu ia tenggelam dalam kemaksiatan dan tidak beranjak dari perbuatan yang tidak diridhoi Nya_* 


Sungguh beruntung mereka yang sadar dari perbuatan dosa dan maksiyatnya, lalu *_hijrah_* meninggalkannya dengan *_bertaubat secara nasuha_* dan menuju amal kebajikan. 

Hijrah dari gelapnya hati, menuju cahaya Ilahi.

Itu artinya *_MENGHISAB DIRI SENDIRI SEBELUM DIHISAB OLEH ALLAH SWT_*  di hari perhitungan kelak.


Semoga hidup kita semakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA. 

 

Ingat lah pesan Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut ini :


*Ł…َŁ†ْ ŲÆَŁ„َّ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų®َŁŠْŲ±ٍ ŁَŁ„َŁ‡ُ Ł…ِŲ«ْŁ„ُ Ų£َŲ¬ْŲ±ِ ŁَŲ§Ų¹ِŁ„ِŁ‡ِ* 


*Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya* (HR. Muslim)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS