Ticker

6/recent/ticker-posts

UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL



Oleh : Rido Ilham. Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau, fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.


Pada masa era globalisasi ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat menimbulkan perubahan pola pikir masyarakat yang lebih modern. Suatu informasi dapat menimbulkan sistem sosial dalam kehidupan ataupun suatu bangsa jika berjalan secara terus menerus. Maka akan henghadirkan sebuah pengetahuan baru dalam kehidupan. Namun, sangat disayangkan dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat membuat masyarakat cenderung untuk memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal yang dianggap sudah kuno, kebudayaan seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak menarik karena tidak dibumbui dengan gaya kekinian dan pergaulan anak muda zaman sekarang. Arus kemajuan era globalisasi di dalam masyarakan menimbulkan kesan yang berlawanan antara budaya dan kemajuan teknologi. hal ini menjadi ancaman tersendiri bagi kita sebagai generasi muda yang seharusnya melestarikan kebudayaan daerah kita masing-masing. Jika tidak, akibatnya budaya lokal semakin terlupakan. 

Kebudayaan memegang peran penting dalam kemajuan suatu bangsa. Budaya merupakan suatu warisan dari lelurur nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim karena dikelilingi banyak pulau, dari Sabang sampai Merauke. Hingga menghasilkan keanekaragaman budaya yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Keanekaragaman tersebutlah menjadi salah satu identitas bangsa dan menjadi daya tarik tersendiri yang harus dipertahankan dan diperkenalkan secara luas untuk investasi di masa depan. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaanya masing-masing menjadi ciri khas tersendiri dan berbeda dengan daerah lainnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat seharusnya dapat kita manfaatkan sebagai media untuk mempromosikan kembali kebudayaan yang mulai terlupakan. Karena dengan memanfaatkan teknologi, orang dapat mengakses informasi dengan mudah. Kita dapat memanfaatkan salah satunya yaitu media sosial. 

Media sosial merupakan alat instan yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Bahkan sekarang ini sosial media sudah menjadi konsumsi sehari-hari dalam masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dengan penggunaan sosial media yang begitu dominan dalam masyarakat saat ini, maka salah satu cara yang efektif untuk menghadirkan kembali budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan memanfaatkan jaringan sosial media seperti fecebook, instagram, youtube, dan media sosial lainnya. 

Media sosial dapat menjadi wadah bagi kita untuk menyebarluaskan infomasi mengenai budaya bangsa Indonesia dalam bentuk yang baru. Misalnya dengan membuat vidio yang mengenai kebudayaan dan diinformasikan melalui media sosial. Sehingga hanya dengan sekali duduk masyarakat dapat mengetahui kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui tersebut masyarakat akan tertarik dan menelusuri lebih lanjut yang akan berujung pada minat untuk mempelajari dan melestarikannya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS