Ticker

6/recent/ticker-posts

TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN JIKA ALLAH SWT SUDAH BERKEHENDAK



Oleh :Prof.  Asasriwarni. MH

Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Itu karena kekuasaanya yang  tidak bertepi dan tidak terbatas. Sebagaimana firman Nya berikut ini : 


وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۖ وَالْاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِيْنِهٖ ۗسُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ


*Dan mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Dia dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan* (QS. Az-Zumar Ayat : 67)


Dalam mengarungi kehidupan sebagai  manusia, ada saat-saatnya dimana kita begitu berputus asa, dan menjadi orang yang paling merasa bersedih. Terutama bila yang terjadi itu tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaki. 


Sebenarnya, kita dilarang oleh Allah SWT untuk berputus asa. Dalam situasi apapun, kita tidak diperbolehkan berputus asa. Sebagaimana peringatan Allah SWT berikut ini : 


يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ


*Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. _Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir_* (QS. Yusuf Ayat : 87)


Kemurahan Allah SWT begitu luar biasa dan tidak selayaknya untuk disejajarkan dengan kesulitan yang kita alami. Keagungan dan kebesaran-Nya, tidak layak dipertanyakan hanya karena kehidupan kita saja yang belum berubah. Padahal itu pun belum terjadi lantaran kita sendiri belum bisa merasakan keagungan dan kebesaran Allah SWT.  Dalam  kesusahan,   penderitaan, keputusasaan yang  kita rasakan,  Allah SWT selalu bersama kita.  Itu menunjukkan, bahwa Allah SWT  begitu pemurah, begitu pengasih dan begitu penyayang kepada kita, sehingga dimana pun selalu  berada di dekat kita.  Sebagaimana firman Nya berikut ini : 


هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ 


*Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan _Dia bersama kamu di mana saja kamu berada_. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan* (QS. Al Hadid Ayat : 4)


Kekuatan Dia di atas segala hal yang ada di dunia ini, bahkan diatas semua permasalahan yang kita hadapi . Entah itu penyakit yang tak kunjung sembuh, hutang yang tidak terbayarkan, kemiskinan yang menghimpit dada, kebutuhan hidup yang tidak terpenuhi, kehinaan dalam semua hal, selalu ada kuasa Allah di balik itu semua.


Yang kita harus lakukan adalah berupaya agar Allah SWT berkenan hadir dalam kehidupan kita. Itu saja. Sekali lagi, tidak ada yang tidak mungkin di hadapan-Nya. Lalu apa alasan kita untuk berputus asa dan untuk bersedih hati. Karena bila Allah SWT selalu bersama dan ridha atas semua yang kita kehendaki, maka sudah barang tentu semuanya  akan nenjadi kenyataan. Sebagaimana firman Nya berikut ini : 


اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْن (82) فَسُبْحٰنَ الَّذِيْ بِيَدِهٖ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْءٍ وَّاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ (83)


*Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah !” Maka jadilah sesuatu. Maka Mahasuci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya kamu dikembalikan* (QS.  Yasin Ayat : 82-83)


Selanjutnya Allah SWT juga berfirman sbb : 


۞ وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ


*Sesungguhnya aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu. Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus* (QS. Al Ma'idah Ayat : 12).  


Untuk itu, Allah SWT  juga berfirman sbb :


۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


*Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! _Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah_.  Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang* (QS. Az Zumar Ayat : 53)


Allah Maha Kaya, tidak pantas kita bermiskin hati. Dan Allah juga Maha Besar, tidak pantas kita berkecil hati. Yang demikian itu kalau kita merasa sebagai hambanya


Semoga hidup kita senakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS