Ticker

6/recent/ticker-posts

SIAPAKAH PARA CALON PENGHUNI SURGA FIRDAUS ITU ?




Allah SWT telah menciptakan berbagai strata surga sebagai tempat kembalinya orang-orang yang beriman  Surga yang memilki strata paling tinggi kita kenal dengan nama *_Surga Firdaus_*.


Dari Anas bin Malik RA mengatakan bahwa, Rasulullah Muhammad SAW bersabda sbb : 


Ų§Ł„ْŁِŲ±ْŲÆَŁˆْŲ³ُ Ų±َŲØْŁˆَŲ©ُ Ų§Ł„ْŲ¬َŁ†َّŲ©ِ ŁˆَŲ£َŁˆْŲ³َŲ·ُŁ‡َŲ§ ŁˆَŲ£َŁْŲ¶َŁ„ُŁ‡َŲ§


*Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdhal* (HR. Turmudzi  No. 3174 dan dishahihkan al-Albani).


Sebagai manusia yang beriman, sudah barang tentu berharap akan menjadi salah satu umat yang terpilih menjadi penghuni surga tersebut.


Untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut,  Allah SWT  pada dasarnya telah menyampai berita itu melalui firnan-firman Nya, salah satu firman Nya adalah :


Ł‚َŲÆْ Ų£َŁْŁ„َŲ­َ Ų§Ł„ْŁ…ُŲ¤ْŁ…ِŁ†ُŁˆŁ†َ (1) Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ ŁِŁŠ ŲµَŁ„َŲ§ŲŖِŁ‡ِŁ…ْ Ų®َŲ§Ų“ِŲ¹ُŁˆŁ†َ (2) ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ Ų¹َŁ†ِ Ų§Ł„Ł„َّŲŗْŁˆِ Ł…ُŲ¹ْŲ±ِŲ¶ُŁˆŁ†َ (3) ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ Ł„ِŁ„Ų²َّŁƒَŲ§Ų©ِ ŁَŲ§Ų¹ِŁ„ُŁˆŁ†َ (4) ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ Ł„ِŁُŲ±ُŁˆŲ¬ِŁ‡ِŁ…ْ Ų­َŲ§ŁِŲøُŁˆŁ†َ (5) Ų„ِŁ„َّŲ§ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų£َŲ²ْŁˆَŲ§Ų¬ِŁ‡ِŁ…ْ Ų£َŁˆْ Ł…َŲ§ Ł…َŁ„َŁƒَŲŖْ Ų£َŁŠْŁ…َŲ§Ł†ُŁ‡ُŁ…ْ ŁَŲ„ِŁ†َّŁ‡ُŁ…ْ ŲŗَŁŠْŲ±ُ Ł…َŁ„ُŁˆŁ…ِŁŠŁ†َ (6) ŁَŁ…َŁ†ِ Ų§ŲØْŲŖَŲŗَŁ‰ ŁˆَŲ±َŲ§Ų”َ Ų°َŁ„ِŁƒَ ŁَŲ£ُŁˆŁ„َŲ¦ِŁƒَ Ł‡ُŁ…ُ Ų§Ł„ْŲ¹َŲ§ŲÆُŁˆŁ†َ (7) ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ Ł„ِŲ£َŁ…َŲ§Ł†َŲ§ŲŖِŁ‡ِŁ…ْ ŁˆَŲ¹َŁ‡ْŲÆِŁ‡ِŁ…ْ Ų±َŲ§Ų¹ُŁˆŁ†َ (8) ŁˆَŲ§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ Ł‡ُŁ…ْ Ų¹َŁ„َŁ‰ ŲµَŁ„َŁˆَŲ§ŲŖِŁ‡ِŁ…ْ ŁŠُŲ­َŲ§ŁِŲøُŁˆŁ†َ (9) Ų£ُŁˆŁ„َŲ¦ِŁƒَ Ł‡ُŁ…ُ Ų§Ł„ْŁˆَŲ§Ų±ِŲ«ُŁˆŁ†َ (10) Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ ŁŠَŲ±ِŲ«ُŁˆŁ†َ Ų§Ł„ْŁِŲ±ْŲÆَŁˆْŲ³َ Ł‡ُŁ…ْ ŁِŁŠŁ‡َŲ§ Ų®َŲ§Ł„ِŲÆُŁˆŁ†َ (11)


*Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki. Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya, mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya* (QS. Al-Mu’minun Ayat : 1-11)


Dari sebelas ayat tersebut di atas, dikatakan akan ada tujuh golongan manusia yang berhak mewarisi (sebagai calon penghuni) surga Firdaus, yakni :


*_1. Orang Yang Khusyuk Dalam Shalatnya :_*


Khusyuk dalam shalat meskipun berat tetapi harus selalu diusahakan dengan cara berserah diri, tulus, ikhlas dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah SWT dalam menjalankannya. 


*_2. Orang-Orang Yang Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Tidak Berguna :_*


Mereka inilah yang senantiasa memilih perbuatan yang bermanfaat daripada yang membuang-buang waktu. Orang-orang ini akan selalu meninggalkan kebatilan dan sumpah yang tak perlu.


*_3. Orang-Orang Yang Menunaikan Zakat :_*


Zakat afalah  kewajiban bagi setiap muslim yang harus selalu dikeluarkan setiap tahunnya. Zakat membuktikan bahwa kita harus berbagi karena di dalam harta yang kita peroleh terdapat hak orang lain. Lebih dari itu, zakat berguna untuk menyucikan harta serta jiwa seseorang.


*_4. Orang-Orang Yang Menjaga Kemaluannya Dari Perbuatan Keji Dan Zina ;_*


Perbuatan Zina merpakan perbuatan yang  sangat dilarang oleh Allah meskipun hanya mendekatinya. Oleh sebab itu siapa saja yang berhasil menjauhinya jelas akan mendapat pahala yang besar.


*_5. Orang-Orang Yang Menahan Pandangannya :_*


Nikmat bisa melihat wajib disyukuri oleh setiap manusia dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak baik.


*_6. Orang-Orang Yang Mampu Menjaga Amanah Dan Janji Yang Telah DIpikulnya :_*


Bagi siapa  yang memiliki amanah, maka wajib menjaganya dengan sebaik-baiknya terlebih bagi para pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Janji-janji harus ditepati karena janji adalah utang.


*_7.  Orang-Orang Yang Memelihara Shalatnya :_*


Shalat jelas merupakan amalan yang paling utama sebagai umat muslim. Memelihara di sini maksudnya adalah selalu shalat tepat waktu serta menyempurnakan rukuk, sujud dan gerakan lainnya


Semoga hidup kita semakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS