Ticker

6/recent/ticker-posts

Perizinan Minerba Pindah Kewenangan Pusat



Sejak perpindahan perizinan  jenis komoditi Sumber Daya Alam (SDA)  Mineral dan Batu Bara (Minerba) sebelumnya perizinannya menjadi kewenangan pemerintah daerah propinsi. Kemudian perizinan Minerba sekarang menjadi kewenangan pemerintah pusat, maka Bidang Minerba di Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) pun nyaris belum jelas kegiatan kinerja yang bakal dikerjakan. 


Hal ini diungkapkan Kepala Dinas ESDM Propinsi Sumbar H Herry Martinus melalui Kabid Minerba Jon Edwar, saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (1/2/2021).


Satu Bidang Minerba di Dinas ESDM Propinsi Sumbar menjadi bidang yang belum jelas ujung pangkalnya dalam kegiatan sehari hari, ujarnya. 


Terkait ini pun pihak pemerintah pusat juga menitipkan bagian administrasi dari bagian pertambangan pemerintah pusat di lantai 3 dengan baju dinas berwarna putih. 


"Itu bagian utusan dari kewenangan pemerintah pusat dari sektor ketambangan," ungkap Jon Edwar.


Pokoknya, seluruh perizinan yang berkaitan dengan SDA-Minerba telah pindah kewenangan pada pemerintah pusat seperti perizinan tambang batu bara, dan tambang emas, serta yang lainnya yang terkait dengan Minerba. 


Perpindahan kewenangan ini menurut Jon Edwar berdasarkan Undang undang RI nomor  3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang undang nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Minerba, jelasnya. 



Dengan perpindahan kewenangan perizinan bidang Minerba menjadi kewenangan pusat, jelas Bidang Minerba di Dinas ESDM Sumbar akan menjadi pemikiran baru untuk ditindaklanjuti. 


Karena kegiatan utamanya di Bidang Minerba tentu perlu pengkajian kedepannya. 


"Ya, otomatis alur kewenangan perizinan Minerba tak lewat sini lagi," sebut Jon Edwar, yang senang bercanda sambil menjelaskan. 


Namun demikian, terkait ini pelaku usaha mengurus perizinan lewat perangkat Informasi Teknologi (IT) elektronik. 


"Ya, guna memudahkan pelaku usaha bidang tambang Minerba, tak harus pula ke pusat cukup lewat internet, saja sesuai petunjuk untuk pengurusan perizinannya," imbuhnya. 


"Segala yang terkait dengan perizinan Minerba tak mampir ke sini lagi," pungkasnya.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS