Ticker

6/recent/ticker-posts

LAPEK CONCONG

 


Oleh: Putri Rahayu Rahman

(Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas)


Lapek concong ini berasal dari Minangulokabau tepatnya di seberang air pisang, lapek concong ini dapat kita buat sendiri dirumah. Lapek concong ini berbahan dasar pisang batu, ketan, dan kelapa. Lapek concong ini beda dengan lapek yang lainnya karena cara pembungkusannya berbentuk cone es krim. Pada saat zaman sekarang ini langka sekali orang menjualnya.

Lapek concong merupakan makanan yang dibuat untuk penganjal lapar sebelum makan nasi, selain untuk penghilang rasa lapar lapek conconcong ini mempunyai kandungan gizi diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, kalium , fosfor, dan serat. Sedangkan manfaat utamanya dari lapek concong ini ialah untuk menambah energi dalam tubuh.

Setelah dijelaskan di atas apa saja yang terkandung didalam lapek concong, sekarang kita masuk cara pembuatan lapek concong. Cara membuatnya tidaklah susah dan pengerjaannya tidak lama. Bahan yang diperlukan untuk membuat lapek concong juga tidak banyak. Pertama, ialah 5 buah pisang batu. Kedua, beras ketan ¼ boleh pilih sesuai selera mau ketan putih atau hitam, tetapi saya lebih suka ketan hitam. Ketiga, ½ potong kelapa yang sudah diparut. Keempat gula secukupnya, garam secukupnya, vanili secukupnya. Itulah bahan yang kita perlukan untuk pembuatan lapek concong.

Sesudah semua bahan disiapkan. Kita masuk ke cara pembutan lapek concong. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membukak kulit pisang, sesudah itu kita haluskan pisang yang sudah bersih tadi dan dikasih garam sediki, setelah itu langkah kedua ialah masak beras ketan dengan air secukupnya, seperti kita memasak nasi biasanya, setelah matang beras ketannya kita campur dengan pisang yang sudah di haluskan tadi, lalu  masukan kelapa parut, setelah itu dikasih sedikit garam, gula, dan vanili sesuai selera.

Sekarang kita masuk cara pembungkusan lapek concong, dibungkus mengunakan daun pisang yang sudah dipanaskan diatas kompor, lalu buat lah seperti cone es krim setelah itu masukan adonan yang dibuat tadi kedalamnya, lalu satukan ujungnya hingga menutupi adonan. Setelah selesai semuanya baru lah kita kukus sampai matang.

Selanjutnya kita tinggal menyajikan lapek concong tadi. Untuk acara keluarga dan menikmatinya bersama-sama sambil duduk-duduk. Begitulah cara pembuatan lapek concong, selamat mencoba.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS