Ticker

6/recent/ticker-posts

AYAT-AYAT AL-QUR'AN YANG MAMPU MENJADI _MOODBOOSTER_ BAGI SETIAP MUSLIM



Oleh : Prof.Asasriwarni MH

Hal yang perlu selalu kita ingat adalah  *_sekecil apapun tetap bisa bernilai kebaikan di sisi Allah SWT_*.


Menebar kebaikan sudah jelas menjadi kewajiban bagi tiap muslim dan perlu dipelihara sedini mungkin hingga akhir hayat.  Dengan kebaikan, seorang Muslim bisa saling berbagi kebahagiaan dan memberi banyak manfaat bagi dirinya  maupun orang lain.


Namun terkadang pada sebagian kalangan masih terasa ragu untuk menebar kebaikan,  sekalipun dalam hal kecil. Jika hal ini kita alami, maka marilah kita coba  untuk mempelajari, menghayati dan mengamalkan *_6 Penggalan Atau Kutipan Ayat Al-Quran_* yang, in syaa Allah akan mampu menjadi moodbooster bagi kita semua. Penggalan Ayat Al Qur'an yang dimaksud adalah :


*_1. Allah Akan Selalu Mencintai Orang-Orang Yang Berbuat  Baik :_*


Selain senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu serta taat beribadah, berbuat kebaikanpun juga mampu menjadikan sesuatu hal yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT  berikut ini : 


وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ


*Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. Sungguh, _ALLAH MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERBUAT BAIK_* (QS. Al Baqarah  Ayat : 195)


*_2. Orang Yang Berbuat Baik Pasti Akan Dibalas Dengan Kebaikan Pula :_*


Hilangkan rasa ragu dan malas  dalam diri kita untuk menebar kebaikan,  sebab Allah SWT telah menjamin kIta yang melakukan kebaikan dengan balasan yang  berupa kebaikan juga. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :


هَلۡ جَزَآءُ الْاِحۡسَانِ اِلَّا الۡاِحۡسَانُ‌ۚ


*Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)* (QS. Ar Rahman Ayat : 60)


*_3. Allah Akan Membalas Kebaikan Yang Kamu Lakukan Meski Sekecil Apa Pun :_*


Memang tidak bisa dianggap remeh, kebaikan sekecil apapun yang diumpamakan sebesar biji dzarrah juga tetap mendapat balasan pahala sesuai dengan  yang kita perbuat.


Perumpamaan Biji dzarrah di sini intinya bukan menunjukkan makna benda, tetapi lebih kepada suatu hal yang dianggap sangat kecil dan remeh sesuai pemahaman manusia. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :


{فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ°وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ}


*Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula* (QS. Az-Zalzalah Ayat :7-8)


*_4. Allah Akan Melimpahkan Rahmat Dan Kebahagiaan Bagi Orang Yang Berbuat Baik :_*


Kita tidak perlu khawatir,  Allah SWT pasti akan selalu  membalasnya dengan  melimpahkan rahmat-Nya atas semua kebaikan yang pernah kita perbuat, in syaa Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini : 


وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ


*Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan* (QS. Al-A'raf Ayat : 56)


*_5. Kebaikan Yang Kita Perbuat Akan Kembali Pada Diri  Kita Sendiri :_*


Disadari atau tidak, sebenarnya apa yang kita alami dan  rasakan adalah cerminan atas kebaikan yang telah kita perbuat. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini : 


اِنۡ اَحۡسَنۡتُمۡ اَحۡسَنۡتُمۡ لِاَنۡفُسِكُمۡ‌ۖوَاِنۡ اَسَاۡتُمۡ فَلَهَا ‌ؕ فَاِذَا جَآءَ وَعۡدُ الۡاٰخِرَةِ لِيَسُـوْۤءُو ا وُجُوۡهَكُمۡ وَلِيَدۡخُلُوا الۡمَسۡجِدَ كَمَا دَخَلُوۡهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوۡا مَا عَلَوۡا تَتۡبِيۡرًا‏


*_JIKA KAMU BERBUAT BAIK BERARTI KAMU BERBUAT BAIK UNTUK DURIMU SENDIRI_.  Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai* (QS. Al-Isra Ayat : 7)


*_6. Allah Menjamin Akan Melipatgandakan Pahala Atau Balasan Orang Yang Berbuat Kebaikan :_*


Dalam berbagai bentuk kebaikan, Allah SWT juga menjamin akan melipatgandakan pahala dan balasannya seperti halnya sedekah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini :


مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ


*Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui* (QS. Al-Baqarah Ayat : 261)


Itulah beberapa penggalan firman Allah yang  menganjurkan dan bahkan mewajibkan kita untuk selalu membiasakan diri berbuat kebajikan berdasarkan kemampuan dan sesuai dengan  syariat Islam tanpa membedakan ras, suku maupun agama.


Tentunya dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari yang dianggap sederhana hingga yang lebih besar nilainya.


Semoga sekelumit pengingat ini dapat membimbing kita untuk senantiasa *_IGHDZINASY SYIRATHAL MUSTSQIIM, AAMIIN YRA_*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS