Ticker

6/recent/ticker-posts

APRINDO dan Unitas Sepakat Jadikan Ritel Pembangkit Perekonomian Sumbar





Padang - Universitas Taman Siswa menyambut hangat kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Penandatanganan kerjasama dilakukan di Ruang Rektor Unitas, Ki Sepris Yonaldi, Senin 18 Januari 2021.

"Kami menyambut baik dukungan APRINDO terhadap dunia pendidikan. Kita menyambut baik kerjasama yang MoU nya ditandatangani hari ini," ujar

Menurut Sepris, dunia pendidikan merdeka belajar dan kampus merdeka membuat perguruan tinggi harus membuat kerjasama dengan stakeholder terkait. Semua kegiatan harus mendukung visi Unitas sebagai Entrepreneur University.

Sepris membanggakan Unitas berdasarkan penilaian Kemenristek Dikti tahun 2020, Unitas berada di klaster 4, di peringkat 227 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Unitas juga di urutan ke-7  diantara 300 perguruan tinggi swasta di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Dan telah terakreditasi B. 

Unitas ada 11 program studi. Yang terdiri dari 1 pascasarjana dan 10 strata-1. Prodi yang dimiliki Unitas disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan zaman.

"Kami san gat konsen melahirkan sarjana-sarjana bermutu. Kami punya prodi manajemen ritel yang sangat tepat kita kawinkan dengan APRINDO. Prodi ini telah tahun kedua. Kami juga punya Prodi Kewirausahaan yang merupakan ke-12 di Indonesia,” ujar Ki Sepris.

Ketua DPD APRINDO Sumbar, Rinaldi memberi penegasan Unitas ini harus sama-sama kita majukan. "Unitas ini spesial, kami yakin akan berdampak secara nasional. Ada inovasi yang bermanfaat untuk umat," ujarnya. 

Malah Rinaldi optimis meyakinkan Rektor Unitas dan Ketua Prodi Manajemen Ritel Unitas bahwa mahasiswa yang kuliah di Prodi Manajemen Ritel pasti bekerja. "Mereka pasti bekerja, yakinlah. Asal mereka mau bekerja di tempat-tempat yang direkomendasikan," ujarnya.

Rinaldi menyampaikan itu karena optimis ritel sejak awal berdirinya APRINDO diyakini akan berkembang bersama APRINDO. Dan APRINDO Sumbar telah didukung oleh Transmart. Dengan demikian, mahasiswa Unitas bisa menjadikan Transmart sebagai tempat magang dan tempat penelitian.

Untuk itu, Rinaldi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya terhadap sambutan kerjasama dari Unitas. Makanya APRINDO akan berbuat yang terbaik untuk Unitas. Bersama Unitas akan menjadikan ritel sebagai motivator bangkitnya perekonomian Sumbar. Menyiapkan mereka menjadi pelaku e-commerce sesuai tuntutan zaman.

Lebih jauh Rinaldi menyebutkan ritel selalu disangga oleh UMKM. Sebagai penyangga, tentu UMKM harus disiapkan agar tidak memutus rantai pasok. 

APRINDO telah mempersiapkan rantai pasok ini khususnya untuk tahap pertama bawang yang memang sangat berguna untuk membuat makanan menjadi enak. Sumbar salah satu pemasok bawang ini. Makanya APRINDO berupaya mendukung petani bawang ini. Dan telah dicontohkan ke petani bawang di daerah Kamang, Agam. 

APRINDO telah diyakinkan oleh pimpinan BNI, Yorinaldi. BNI telah berkomitmen mempersiapkan skin khusus kepada petani untuk memberikan pinjaman tanpa agunan. "Kita persiapkan teknis untuk membuktikan komitmen ini," tegasnya.

Begitu juga dengan Bank Nagari dan lembaga lainnya yang care terhadap tumbuh kembangnya perekonomian Sumbar.

Selain itu, kata Sekretaris APRINDO, Edi Suandi, mahasiswa Unitas akan disiapkan sertifikasinya karena Ketua DPD APRINDO adalah asesor untuk sertifikasi peritel handal. Unitas pun bisa menjadi lembaga yang menyelenggarakan sertifikasi itu nantinya. 

Pengusaha Ritel juga akan diupayakan perlindungan agar memperhatikan karyawan dan terbebas dari tuntutan karyawan. APRINDO lewat Ketua Bidang Advokasi, Novermal akan melakukan yang terbaik untuk hal itu. (*)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS